Sukses

Sariawan Dan Kaitannya Dengan Demam, Mual, Pusing
17 May 2019, 12:33 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok saya sudah hampir 1 minggu sariawan yg d sebabkan terbentur oleh sikat gigi.dan pada hari ke 7 malah lari ke demam dan mual juga ousing dok .kenapa ya dok ?

Terimakasih telah bertanya seputar sariawan dan kaitannya dengan gejala demam, mual, pusing melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya kami akan menjelaskan sedikit mengenai Sariawan. Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) atau yang dikenal juga dengan sariawan belum diketahui dengan pasti penyebabnya, terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan yaitu stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut dan defisiensi hematinik. Jelas pada kasus yang Anda alami ini berhubungan dengan trauma/cedera lokal yaitu tergigit atau benturan/gesekan saat menggosok gigi.

Pada pasien dengan riwayat keluarga atau orang tua yang sering terkena sariawan memang lebih beresiko mudah kena sariawan. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu beberapa hari atau 1 minggu lebih dan pada beberapa kasus tertentu memang sariawan timbul berulang.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral. Pada saat sariawan hindari obat kumur yang mengandung alkohol.

Untuk gejala demam, mual dan pusing tidak ada kaitannya secara langsung dengan sariawan. Kemungkinan karena daya tahan tubuh menurun sehingga timbul sariawan lalu mudah terinfeksi virus atau bakteri yang dapat menyebabkan demam, mual, pusing.

Berikut kami sertakan artikel terkait pertanyaan Anda :

Cara Tangani Sariawan dengan Tepat

Kenali Cairan Terbaik untuk Atasi Sariawan

Cara Alami Mengobati Sariawan

Demikian informasi yang dapat saya berikan mengenai sariawan dan kaitannya dengan gejala demam, mual, pusing semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar