Sukses

Solusi Gigi Rapuh Sampai Terbelah
17 May 2019, 12:31 WIB
Pria, 22 tahun.

Selamat pagi dokter, saya iman dari purwakarta saya mempunyai keluhan tentang gigi. gigi geraham saya itu gampang rapuh. sehingga sisi kanan dan sisi kiri sepertinya sudah parah ya sampai belah giginya. jika terkena benda sarafnya maka akan sakit. apa solusi yang terbaik dokter. dan jika saya berkumur menggunakan cuka dapur untuk pembersihan gigi apa baik dok? terimakasih Iman Sulaeman

Terimakasih telah bertanya seputar solusi gigi rapuh sampai terbelah melalui fitur Tanya Dokter.

Dari keterangan anda, kami menganggap bahwa yang dimaksud gigi terbelah adalah gigi yang patah terbagi dua. Solusi Penanganan gigi patah terbelah tergantung dari kondisi patahannya :

-Jika kondisi patah gigi melibatkan dentin dan kamar saraf:Jika patahnya gigi telah melibatkan lapisan kedua yaitu dentin dan kamar saraf dari gigi maka perlu dipastikan keadaan dari kamar saraf gigi apakah masih vital atau sudah terbuka dan terkontaminasi.

-Jika masih vital:

Apabila masih vital maka mempertahankan keadaan inilah yang menjadi keutamaan dari tindakan perawatan gigi.

-Jika kamar saraf terbuka:

Pada kamar saraf yang sudah terbuka dan terkontaminasi harus dilakukan perawatan kamar saraf gigi yang disebut juga perawatan pulpektomi.

-Jika kondisi patah gigi hanya lapisan terluar:Perbaikan secara estetik pada bagian yang patah apabila hanya meliputi lapisan terluar dari gigi yaitu email maka hanya perlu dilakukan penambalan saja, dan pada keadaan tertentu jenis perawatan yang dapat dilakukan adalah dengan mahkota gigi tiruanyang terbuat dari beberapa jenis bahan, metal-porcelain, ceramic dan resin.

Berkumur dengan cuka dapur tidak disarankan karena dapat merusak gusi dan membuat permukaan gigi semakin rapuh. Kami sarankan agar anda memeriksakan gigi tersebut ke dokter gigi. 

Baca artikel berikut pertanyaan anda :

- Gigi Depan Patah, Ini Solusinya

- Gigi Retak atau Patah? Ini Cara Menanganinya

- Pertolongan Pertama Pada Gigi Patah

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai solusi gigi rapuh sampai terbelah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar