Sukses

Pergelangan Tangan Nyeri Setelah Menumpu
17 May 2019, 11:14 WIB
Pria, 22 tahun.

hallo dok.. dok saya habis jatuh pergelangan saya sebagai tumpuan nah rasa sakitnyaa perih seperti pada kulit yang habis terjatuh tapi rasa sakitnya itu di dalem, terus disekitar pergelangan tangan saya kalo di pegang terasa hangat kalo terlalu banyak di gerakan. apakah itu tanda tulang retak atau terkilir biasa ? terima kasih atas perhatian dok..

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terimakasih sudah bertanya dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Trauma merupakan kejadian yang sering terjadi dan dapat menimpa siapa saja, trauma tersebut dapat disebabkan oleh benturan, api, zat kimia dan banyak lainnya. Salah satu bentuk trauma yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah sprain, atau yang dalam bahasa sehari-hari dikenal dengan nama keseleo. Ini mungkin terjadi pada pergelangan tangan setelah menumpu berat badan tubuh ketika terjatuh.

Per definisi, sprain merupakan teregangnya atau robeknya ligamen (yaitu jaringan ikat yang menghubungkan dua atau lebih tulang dalam sebuah sendi). Sprain dapat disebabkan oleh jatuh, terpelintir, atau tekanan pada tubuh yang menyebabkan tulang pada sendi bergeser sehingga menyebabkan ligamen teregang atau bahkan robek. Biasanya, sprain terjadi pada keadaan seperti saat orang terjatuh dengan bertumpu pada tangan. Gejala yang dapat dirasakan jika seseorang mengalami sprain adalah nyeri, bengkak, memar, tidak stabil, dan hilangnya kemampuan untuk menggerakkan sendi. Meskipun sprain dapat muncul baik pada bagian tubuh atas maupun bawah, Namun tempat paling sering terjadinya sprain adalah pada pergelangan kaki atau tangan. 

Posisi telapak tangan yang menumpu saat jatuh bisa juga menyebabkan patah tulang di sekitar pergelangan tangan yang disebut fraktur colles atau reverse collese. Pemeriksaan radiologi (rontgen) dilakukan untuk menyingkirkan kemungkinan diagnosis patah tulang (fraktur).

Kami sangat tidak menyarankan melakukan urut pada daerah yang trauma, karena hal tersebut bisa memperparah kondisi patah tulang dan cedera lainnya. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesial bedah tulang untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang. Dokter mungkin memerlukan informasi tambahan dari pemeriksaan radiologi berupa MRI untuk melihat cedera otot/ligamen/sendi yang robek. 

Demikian informasi yang dapat diberikan, semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar