Sukses

Kista Baker
17 May 2019, 09:47 WIB
Pria, 35 tahun.

mohon saran dokter. di belakang lutut kiri saya ada benjolan bila ditekan terasa kenyal. saya telah menemui dokter onkologi dan ortopedi. mereka mendiagnosis bahwa benjolan tersebut adalah kista baker dan perlu dilakukan operasi karena ukurannya sudah besar berdiameter 3 cm. apakah operasi sebaiknya dilakukan oleh dokter onkologi atau dokter ortopedi? mohon saran dr dokter yang baik...terima kasih

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar kista baker menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Kista Baker adalah benjolan kista di daerah lutu yang merupakan pembengkakan jinak pada bantalan persendian lutut. Pembengkakan ini terjadi karena cairan sendi lutut yang diproduksi terdorong keluar oleh desakan tulang dan persendian lutut sehingga membentuk kantung yang berisi cairan. Biasanya kista ini terletak di bagian belakang lutut. Hal ini biasanya dipicu dari kejadian radang sendi (artritis) dan memang sering terjadi pada mereka yang sering menggunakan lututnya (atlit).

Namun, untuk memastikan diagnosis ini diperlukan pemeriksaan fisik langsung dan pemeriksaan penunjang seperti USG atau MRI. Bila memang Kista Baker maka terdapat beberapa pilihan penanganan seperti aspirasi (pengambilan) cairan, pemberian suntikan anti radang (kortikosteroid) dan tindakan lain yang diperlukan sesuai dengan kondisi kista baker yang Anda alami.

Kedua dokter spesialis orthopedi maupun onkologi sama-sama memiliki kompetensi yang Anda butuhkan. Kami serahkan kembali keputusannya pada Anda, misalnya bisa didasarkan pada pengalaman dokter yang bersangkutan, biaya operasi dan perawatan, serta akses menuju dokter.

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar kista baker, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar