Sukses

Penyebab Tangan Gemetar
17 May 2019, 08:48 WIB
Wanita, 24 tahun.

Dokter, semenjak saya kelas 3 SD saya selalu gemetaran ketika bicara didepan kelas. Dan sangat parah gemetar saya seluruh tubuh. Bahkan ketika saya hanya berbicara formal dihadapan 2 orang. Bahkan ketika saya mengiris sayuran dan diperhatikan saya akan gemetar. Apapun yang saya lakukan ketika merasa diperhatikan saya pasti gemetar. Mohon solusinya dokter.

Terima kasih telah menggunakan layanan tanya dokter Klikdokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Berikut beberapa kemungkinan gangguan kesehatan yang menjadi penyebab tangan gemetar:

Gangguan Tiroid

Penyakit kelebihan hormon tiroid dapat menyebabkan gejala berupa tangan gemetar.

Tremor esensial

Penyebab yang paling umum dari tangan gemetar adalah tremor. Ini adalah gerakan yang tak terkontrol dan tidak terkendali pada satu atau lebih bagian tubuh. Tangan menjadi bagian tubuh yang paling sering terkena gangguan ini

Tremor biasanya terjadi karena bagian otak yang mengontrol otot mengalami masalah. Kondisi ini dapat disebabkan oleh faktor genetik, lingkungan, dan usia.

Kelelahan

Saat Anda terlalu lelah, baik akibat kurang tidur atau terlalu banyak pekerjaan, maka tangan gemetar tak bisa lagi dihindari. Tidak hanya tangan, kondisi ini juga dapat membuat bagian tubuh lainnya gemetaran.

Terlalu banyak kafeinTerlalu banyak konsumsi kopi atau teh dapat menyebabkan tangan gemetaran. Ini karena kopi atau teh mengandung kafein, yang dapat mencetuskan keluhan tremor pada bagian tubuh tertentu, terutama tangan.

Parkinson

Parkinson adalah penyakit neuro-degeneratif, dimana sel-sel otak berangsur-angsur mati. Keadaan ini menyebabkan otak kekurangan dopamin, yang pada akhirnya akan menghasilkan tremor dan kesulitan berbicara.

Parkinson cenderung muncul pada mereka yang memasuki usia 60 tahun atau lebih. Akan tetapi, pada beberapa kasus, parkinson juga bisa terjadi pada orang yang lebih muda.

Stres

Setiap mahluk hidup selalu bergetar. Hanya saja, getarannya sangat ringan dan tak terlihat seperti detak jantung, aliran darah, dan beberapa proses lain yang terjadi di dalam tubuh.

Namun pada kondisi tertentu, getaran ini bisa sangat terasa, terlebih lagi ketika Anda sedang stres. Tingkat getaran ini berbeda-beda, tergantung situasi yang sedang dialami seseorang.

Pengaruh obat-obatan

Beberapa jenis obat dapat menyebabkan efek samping tangan gemetar. Obat yang dimaksud adalah amfetamin, statin, dan selective serotonin reuptake inhibitors(SSRIs).

Semoga informasi ini membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar