Sukses

Makanan Untuk Berbuka Puasa
17 May 2019, 08:48 WIB
Pria, 24 tahun.

Hai dokter, saya dani, apa makanan cocok dan sehat untuk sahur dan buka bagi postur pendek?

Terima kasih telah menggunakan layanan tanya dokter dari Klikdokter

Tidak ada saran khusus untuk tubuh dengan postur pendek. Namun, agar tak salah langkah, berikut ini menu sehat untuk sahur dan buka puasa yang bisa jadi panduan Anda:

Siapkan takjil secukupnya

Menyantap beraneka macam takjil terkadang membuat Anda kekenyangan. Akibatnya, tidak ada lagi ruang yang tersisa untuk menyantap makanan utama. Padahal, makanan utama jauh lebih penting.

Pada makanan utama biasanya terdapat komposisi karbohidrat, lemak, protein, dan serat dari sayuran. Karena itu, Anda peru membatasi asupan jumlah takjil saat buka puasa agar makanan utama tetap dapat dikonsumsi.

Perbanyak makan buah dan sayur

Kandungan vitamin dan mineral paling banyak terdapat dalam buah dan sayur. Jadi, usahakan untuk menyantap buah dan sayur saat sahur dan buka puasa. Bila perlu, jadikan buah dan sayur sebagai menu buka puasa untuk menggantikan minuman manis, kue, dan gorengan.

Pilih sumber protein yang berkualitas

Protein merupakan zat yang berperan dalam menggantikan sel-sel tubuh yang rusak. Selama bulan puasa, konsumsi protein sangat penting agar tubuh tetap bugar.

Anda bisa memperbanyak konsumsi sumber protein seperti ikan, daging, ayam, telur, susu, tahu, tempe sebagai menu sehat saat sahur dan berbuka.

Kurangi makan gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan favorit saat buka puasa. Mengonsumsi gorengan sebenarnya sah-sah saja, tetapi Anda perlu membatasi jumlahnya. Mengapa demikian?

Selain tinggi lemak, gorengan juga dapat memicu batuk bila dikonsumsi secara berlebihan. Hal ini tentu dapat mengganggu kesehatan Anda selama menjalankan ibadah puasa. 

Demikian informasi yang dapat kami bagikan.

0 Komentar

Belum ada komentar