Sukses

ubun-ubun terbentur
17 May 2019, 08:12 WIB
Wanita, 26 tahun.

dok saya mau bertanya. anak saya berusia 4 bulan. kepalanya lagi aktif aktifnya, ketika itu (lupa kapan tepatnya) waktu disendawakan tanpa sengaja ubun2nya nendang kena dagu saya, lumayan keras sampai ubun ubun nya teraba cekung tapi tidak lama kembali lagi. beberapa hari kemudian waktu itu saya ajak keluar kota, tiba tiba suhu badannya naik dan rewel. saya kasih paracetamol (sisa imunisasi dari puskes) langsung dimuntahkan, malamnya juga muntah lagi. selang 2 hari (masuk hari puasa) dia munta lagi 2 kali. dan sampai saat ini sering muntah tapi tidak setiap hari dan biasanya hanya 2 kali dalam sehari. muntahnya seperti menyembur dan cair (ada gumpalan asi putih). pertanyaan saya: 1. ubun ubun yg cekung tadi bahaya tidak? 2. muntah yg seperti itu wajar apa tidak? 3. apa ada kaitannya muntah anak saya dg kejadian ubun ubun tadi? 4. atau mungkin muntah karena saya sedang berpuasa? terimakasih

Terimakasih sudah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter klikdokter.com

Kami mengerti kekhawatiran anda. Sebelumnya perlu anda ketahui ubun-ubun dan persambungan tulang-tulang tengkorak pada bayi umumnya menutup dari usia 6-20 bulan. Literatur dunia barat, menyebutkan kisaran yang lebih besar yaitu antara 4-26 bulan. Ubun-ubun yang terlambat menutup biasanya ditemukan pada hidrosefalus, sindroma Down dan, kelainan hormon tiroid (hipotiroidisme kongenital), dan beberapa penyakit yang dapat menyebabkan terlambatnya penutupan ubun-ubun (akondroplasia, rickets). hal tersebut menyebabkan ubun-ubun bisa teraba cekung maupun cembung.

menjawab pertanyaan anda:

1. ubun-ubun teraba cekung mungkin tidak berbahaya, tetapi cekung seperti apa? karena tidak dilakukan pemeriksaan secara langsung maka tidak bisa dilakukan evaluasi menyeluruh. ubun-ubun cekung bisa normal atau pertanda anak anda dehidrasi.

2&3. sama halnya dengan hal diatas, muntah menyembur seperti apa tidak bisa di evaluasi akibat tidak dilakukan pemeriksaan secara langsung. jika benar menyembur, hal yang ditakutkan adalah hidrosefalus akibat benturan yang anak anda alami sebelumnya. kami sarankan untuk diperiksakan ke dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dapat ditangani dengan cepat bila ada masalah.

4. tidak berhubungan muntahnyaa anak anda dengan anda yang sedang berpuasa

mengenai hal ini anda bisa juga baca:

hidrosefalus

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar