Sukses

Anak Demam, Apa yang Harus Dilakukan?
17 May 2019, 04:30 WIB
Wanita, 16 tahun.

Mohon informasi, anak saya selalu mengalami demam.dr jam 23.00 s.d subuh. Sdh periksa periksa ke dokter dan diberi obat. Kata dokter, anak saya kena gejala typus. Apa benar? Knp obatnya belum berhasil menyembuhkan anak saya? Apa yg selanjutnya harua saya lakukan? Ini sdh hari ke 3. Mohon pencerahannya. Mksh.

Terimakasih telah bertanya tentang anak demam melalui fitur Tanya Dokter.

Demam adalah terjadinya peningkatan suhu tubuh di atas normal. Anak bisa dikatakan mengalami demam bila suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celsius atau lebih.

Para pakar mengatakan bahwa demam merupakan cara tubuh untuk melawan penyakit. Sebab, peningkatan suhu tubuh diperlukan agar sel-sel kekebalan tubuh dapat bekerja secara optimal.

Karena itu, demam bukanlah suatu penyakit. Kondisi ini lebih tepat dikatakan sebagai tanda dari adanya serangan terhadap suatu penyakit. Pada anak, penyebab demam yang tersering adalah infeksi pada saluran napas atau saluran cerna, baik oleh virus maupun bakteri.

Apa yang harus dilakukan?

Demam yang tinggi belum tentu disebabkan oleh penyakit yang serius. Kecuali, demam yang terjadi sangat tinggi hingga mencapai lebih dari 41 derajat celsius. Jadi, bila si Kecil demam, tetaplah tenang dan buat anak senyaman mungkin agar tetap mau makan, minum dan beraktivitas.

Sebagai pertolongan pertama, Anda dapat melakukan kompres air hangat dan perbanyak konsumsi air putih untuk menurunkan demam. Bila anak tak mau makan, jangan dipaksa. Karena demam memicu pengeluaran zat-zat kimia yang menimbulkan rasa mual dan menurunkan nafsu makan.

Bila demam sangat mengganggu dan lebih dari 38 derajat celsius, Anda boleh berikan si Kecil obat penurun panas seperti parasetamol. Tapi ingat, obat ini hanya menurunkan suhu tubuh agar anak merasa nyaman dan bukan untuk mengatasi penyakit yang menyebabkan demam.

Jika demam sudah terjadi 3 hari berturut-turut, sebaiknya si Kecil segera dibawa ke dokter anak dan mendapatkan pemeriksaan darah untuk diketahui penyebab demamnya.

Baca juga: Demam Pada Anak.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar demam pada anak. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar