Sukses

Sakit Kepala Kala Puasa
17 May 2019, 04:29 WIB
Pria, 23 tahun.

jika perut saya kosong sekali, kepala saya jadi pusing. jadi puasa sebulan bisa sebulan pusing, bagaimana saran agar tidak pusing ya?

Terimakasih telah bertanya tentang sakit kepala kala puasa melalui fitur Tanya Dokter.

Sakit kepala kala puasa kerap terjadi oleh karena turunnya kadar gula darah dalam tubuh, kekurangan cairan (dehidrasi) atau kekurangan kafein bila Anda terbiasa minum kopi setiap hari. Apalagi, bila Anda memiliki aktivitas tinggi dan suhu lingkungan sekitar panas serta lembap.

Untuk mencegahnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yakni:

  • Sahur dengan tepat. Sahur dengan makanan tinggi gula membuat kadar gula darah melonjak, kemudian merosot cepat saat tengah hari. Cegah dengan memilih menu sahur rendah indeks glisemik, seperti bubur gandum atau kentang.
  • Cukupi kebutuhan cairan. Jangan sepelekan pentingnya air putih saat sahur. Air putih dapat membuat Anda lebih ‘melek’ dan kuat menjalankan puasa. Jika dalam sehari seharusnya manusia membutuhkan kurang lebih 8 gelas air, bagi asupan ini ke dalam sahur dan berbuka. Minumlah hingga mendekati waktu imsak, agar asupan cairan dapat maksimal.
  • Perhatikan lingkungan. Sakit kepala dapat terjadi karena paparan sinar matahari yang terik, udara yang panas, dan kondisi lingkungan lainnya. Jika Anda sedang berada di bawah terik matahari, segera cari tempat teduh dengan udara sejuk. Kiat ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko dehidrasi akibat penguapan cairan melalui keringat.
  • Hentikan aktivitas yang terlalu berat dan hindari stres. Berpuasa bukanlah penghalang untuk tetap produktif. Namun, ada kalanya aktivitas yang terlalu berat dapat memicu sakit kepala saat berpuasa.Coba kurangi intensitas aktivitas saat berpuasa. Ingat, sakit kepala tidak hanya dapat dipicu oleh aktivitas fisik, tetapi juga beban psikologis. Jika Anda sudah merasa penat saat bekerja atau belajar kala puasa, istirahatkan pikiran sejenak. Selingi dengan aktivitas lain yang menyenangkan.
  • Istirahat cukup. Sakit kepala saat berpuasa sering dipicu oleh kurangnya waktu tidur. Jadi, atasi hal ini dengan tidur lebih awal dan menambahkan jam istirahat di tengah hari, terutama saat sakit kepala menyerang. Istirahat tidak selalu berarti tidur, tetapi bisa juga berupa duduk santai atau rebahan.
  • Berolahraga. Puasa bukanlah halangan untuk berolahraga. Anda dapat melakukannya mendekati waktu berbuka, sekitar 30-60 menit sebelumnya. Olahraga akan membuat Anda rileks dan mampu meredakan sakit kepala.

Baca juga: 3 Pemicu Sakit Kepala saat Puasa

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar