Sukses

Gigi Terasa Bau Setelah Ditambal
16 May 2019, 13:01 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok saya mau tanya,mengapa gigi saya setelah di tampal terasa bauk tembakau apakah itu udah tampal permanen atau itu tampal sementara,kalau itu tampalan sementara bagaimana cara kita merawatnya dok?

Terima kasih sudah bertanya seputar gigi bau setelah ditambal melalui fitur Tanya Dokter.

Pada saat setelah penambalan gigi tercium bau tembakau, maka sebenarnya adalah bau cengkeh. Eugenol atau larutan yang berbau cengkeh ini digunakan untuk penambalan sementara berfungsi untuk meredakan gigi yang ngilu, biasanya digunakan pada gigi yang berlubang besar dan dalam. Tambalan sementara ini hanya bersifat sementara, yang lama kelamaan akan terkikis, dalam waktu 2 minggu maksimal. Sebelum tambalan sementara anda lepas lebih baik anda kembali ke dokter gigi anda agar dapat dilakukan perawatan selanjutnya.

Sedangkan untuk perawatannya, Tambalan sementara umumnya akan mengeras dalam waktu 1- 1,5 jam sehingga memang harus disikat seperti gigi-gigi lainnya agar tidak ada sisa makanan yang menumpuk. Kami sarankan untuk kembali ke dokter gigi pada waktu yang telah ditentukan. Karena tambalan sementara didesain agar mudah dibongkar sehingga umumnya lebih lunak dari tambalan permanen dan lebih mudah larut oleh cairan mulut dan tekanan kunyah. Lama kelamaan tambalan ini bisa hilang seluruhnya sehingga lubang gigi jadi terbuka lagi. Pada waktu yang telah ditentukan oleh dokter, bila tidak ada keluhan pada gigi tersebut maka nantinya tambalan sementara akan diganti dengan tambalan permanen yang jauh lebih kuat.

Baca artikel terkait :

- Perawatan Saluran Akar

Demikian informasi yang dapat diberikan, Semoga Bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar