Sukses

Mengurangi Lapisan Lemak Perut
15 May 2019, 16:02 WIB
Wanita, 12 tahun.

Dok, perut saya terasa keras saat berdiri, tapi ketika duduk perut saya terasa agak lembek, itu kenapa ya?? Bagaimana cara menyembuhkannya??

Terima kasih telah menggunakan layanan Klikdokter

Kami memahami kekhawatiran Anda, sepertinya yang membuat perut Anda terasa lembek adalah adanya tumpukan lemak. 

Agar lemak perut tak semakin mengganggu penampilan atau meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, berikut beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menyingkirkannya:

1. Batasi asupan yang manis-manis dan berlemak. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi gula berlebih dapat menyebabkan peningkatan akumulasi lemak di perut dan hati. Para ahli percaya bahwa keadaan tersebut bisa menyebabkan resistensi insulin dan sejumlah masalah metabolisme, yang salah satu akibatnya adalah penyakit diabetes melitus tipe 2.

Oleh karena itu, jika Anda tak ingin memiliki lemak perut dan risiko kesehatan yang menyertainya, batasi asupan gula sehari-hari. Ini berarti, Anda harus benar-benar mampu menahan nafsu untuk mengonsumsi minuman soda, jus buah bergula, kue-kue kering, dan sejenisnya.

2. Konsumsi lebih banyak protein. Protein adalah makronutrien terpenting untuk menurunkan berat badan. Dengan kata lain, mengonsumsi protein merupakan strategi jangka panjang untuk mengurangi lemak perut.

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi protein yang memadai mampu meningkatkan metabolisme hingga 80–100 kalor per hari, dan membatu Anda makan hingga 441 kalori lebih sedikit dalam sehari.

Pada studi lain dikatakan bahwa jumlah dan kualitas protein yang dikonsumsi berbanding terbalik dengan lemak perut. Artinya, orang yang makan lebih banyak protein dari sumber yang lebih baik memiliki lebih sedikit lemak di perut.

4. Olahraga secara rutin dan teratur. Semua orang tahu bahwa olahraga sangat penting untuk menunjang kesehatan, juga dalam hal menurunkan berat badan dan membasmi lemak di bagian tubuh tertentu. Bahkan, terdapat olahraga spesifik yang terbukti ampuh meluluhkan lemak perut.

Olahraga tersebut adalah latihan aerobik, seperti berjalan, berlari, dan berenang. Sebuah studi menemukan bahwa olahraga tersebut benar-benar mampu menyingkirkan sekaligus mencegah seseorang mendapatkan kembali lemak perut setelah penurunan berat badan.

Jadi, jika Anda tak ingin memiliki lemak perut, tak ada salahnya untuk mengonsumsi asupan berprotein. Tetap ingat untuk tidak mengonsumsinya berlebihan, ya! Olahraga perut juga penting untuk mengurangi lapisan lemak pada tubuh Anda.

Terima kasih.

0 Komentar

Belum ada komentar