Sukses

nyeri perut setelah makan pedas
15 May 2019, 13:57 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat siang. Dok saya ingin bertanya kenapa ya setiap kali saya habis makan banyak pinggang sebelah kiri saya suka sakit dan terasa kencang. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri perut setelah makan melalui fitur Tanya Dokter.

Sakit perut bisa disebabkan oleh adanya gangguan organ–organ yang terdapat di dalam pencernaan seperti lambung, usus halus, usus buntu, hati, kandung empedu, pankreas dan limpa. Berikut ini adalah pemaparannya:

  • Infeksi usus halus. Biasanya kondisi infeksi usus halus ini juga ditandai dengan adanya gejala mual, muntah serta diare.
  • Peradangan usus buntu. Ketika Anda mengalami peradangan ini, perut bagian kanan bawah akan terasa nyeri setelah makan disertai adanya demam.
  • Batu empedu. Gejalanya adalah sakit perut di kanan atas setelah mengonsumsi makanan yang mengandung lemak atau berminyak. Rasa nyeri ini dapat menyebar ke area punggung dan bahu sebelah kanan.
  • Tukak lambung (maag). Sakit perut setelah makan akibat mag akan timbul di bagian tengah atas perut disertai rasa perih. Namun, jika sakit perut muncul 3 jam setelah makan mungkin disebabkan gangguan tukak duodenum. Berbeda lagi dengan GERD (Gastroesophageal Refluks Disease), sakit perut yang terjadi akan disertai rasa panas atau adanya sensasi dada seperti terbakar.
  • Infeksi pankreas. Setelah makan, sakit perut awal akan dirasakan di bagian tengah atas, lalu akan menyebar ke seluruh perut.
  • Sembelit atau diare. Jika Anda mengalami sembelit atau diare, Anda akan merasakan nyeri pada bagian perut mana saja disertai rasa mual dan nyeri di area dada.

Jika dari kasus yang anda alami, sepertinya lambung dan usus anda kaget menerima makanan terlalu banyak. Sebaiknya konsumsi makanan dengan porsi yang pas dan cobalah makan perlahan. Serta hindari jenis makanan yang bisa merangsang asam lambung anda seperti terlalu pedas, terlalu asam, santan ataupun kopi.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan bacaan lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar