Sukses

benjolan cembung hidung menyerupai komedo

15 May 2019, 13:54 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok hidung saya dulu bekas jerawat d hidung knpa yah jadi benjolan yg tak bisa hilang dok

Terima kasih telah bertanya seputar benjolan cembung hidung menyerupai komedo melalui fitur Tanya Dokter.

Jika dari keterangan anda, kami dapat menyimpulkan kemungkinan besar keluhan tersebut adalah White Head. 

Whitehead atau komedo putih adalah jenis komedo tertutup. Hampir sama dengan blackhead, whitehead juga disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat oleh produksi minyak berlebih. Pada kasus ini, yang berbeda hanyalah warna dari komedo yang timbul. Perbedaan warna yang timbul adalah akibat dari tidak adanya aliran oksigen di area terbentuknya komedo. Bintik hitam (blackhead) atau bintik putih (whitehead) umumnya muncul di daerah berminyak –seperti hidung, dagu, dan terkadang punggung. Bintik-bintik ini adalah cikal bakal dari jerawat.

Berikut beberapa cara mencegah munculnya komedo.

  • Pilih produk perawatan yang sesuai. Sesuaikan produk perawatan dengan kondisi kulit Anda. Bila perlu, berkonsultasilah terlebih dahulu pada dokter.Hindari sembarang menggunakan krim penghilang komedo. Tanpa pengawasan dokter, krim tersebut bisa saja menyebabkan iritasi dan membuat lapisan kulit Anda rusak.
  • Bersihkan wajah secara teratur. Membersihkan wajah bermanfaat menghilangkan minyak berlebih dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit wajah. Dalam membersihkan wajah, Anda sebaiknya menggunakan pembersih yang mengandung asam salisilat, asam glikolat, ataupun peroksida benzoate. Pembersih wajah dengan kandungan tersebut efektif mengurangi komedo karena dapat mengangkat sel kulit mati, mengeluarkan sumbatan yang ada di pori-pori, serta mengurangi produksi minyak dan bakteri di kulit. Namun ingat, mencuci wajah sebaiknya jangan dilakukan terlalu sering, karena dapat menyebabkan kulit kering.

Sebaiknya agar pengobatan berlangsung tepat, ada baiknya anda memeriksakan langsung dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Berikut beberapa bacaan lain sebagai bahan referensi anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar