Sukses

bintik kulit seperti papiloma
15 May 2019, 12:50 WIB
Wanita, 27 tahun.

dok, knp ya d leher timbul bintik2 kecil seperti kutil? saya baca pada sebuah artikel bahwa tanda2 penyakit papiloma yaitu adanya parasit di dalam tubuh manusia gejala yg sya alami yaitu, tumbuh kutil, bau mulut, sering pilek, dan kemerahan pada kulit.. apakah itu masuk dalam tanda penyakit tersebut dok?

Terima kasih telah bertanya seputar bintik-bintik kulit seperti kutil atau papiloma melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran anda. Jika dari keterangan anda, anda kemungkinan mengalami papiloma. Papiloma itu sendiri disebabkan oleh virus HPV/Human papillomavirus. HPV adalah sejenis virus DNA yang dapat menginfeksi manusia, terutama pada kulit dan selaput lendir (mulut, tenggorokan, dan alat kelamin). HPV umumnya menular melalui kontak langsung dengan kulit atau hubungan seksual.

Agar tidak terkena HPV, gunakan kondom setiap kali berhubungan seksual. Jangan bergonti-ganti pasangan seksual. Memakai alas kaki ketika berjalan di tempat umum juga penting. Selain itu, karena HPV dapat menular melalui sentuhan fisik, hindarilah menyentuh dan menggaruk kutil.

Gejala-gejala infeksi HPV yang dapat timbul adalah:

  • Kutil kelamin.Berbentuk benjolan-benjolan kecil yang dapat berjumlah semakin banyak, berkumpul, dan membentuk tonjolan-tonjolan seperti jengger ayam. Kutil dapat timbul di organ seksual wanita, mulut rahim, hingga anus (pada hubungan seksual anal). Pada laki-laki, kutil dapat timbul di penis, kulit pembungkus penis, dan anus. Kutil ini dapat menyebabkan rasa gatal, tidak nyaman, hingga nyeri.
  • Kutil kulit. Berbentuk tonjolan-tonjolan kecil yang dapat berdiri sendiri maupun berkelompok.
  • Kutil ini paling sering timbul di tangan, jari, atau siku. Jika terdapat di tempat yang sering terkena tekanan atau trauma, kutil dapat terasa nyeri, bahkan berdarah.
  • Kutil datar. Umumnya terletak di telapak kaki. Tidak seperti kutil lainnya, kutil ini lebih datar dan keras. Dapat menyebabkan nyeri jika tertekan.
  • Kanker serviks. Memiliki gejala awal berupa keputihan berbau, perdarahan setelah berhubungan seksual, perdarahan tidak teratur, atau perdarahan setelah menopause. Pada stadium yang lebih lanjut, pasien dapat mengalami lemas, berat badan yang menurun, gangguan saat buang air kecil, nyeri tulang, dan lainnya yang menandakan kanker telah menyebar ke organ tubuh lain. Untuk dapat sampai menjadi kanker serviks, umumnya dibutuhkan waktu yang tidak sedikit, yakni sampai belasan tahun.
  • Kanker rongga mulut. Kanker jenis ini dapat terjadi jika HPV tipe 16 dan 18 menginfeksi mulut dan tenggorokan melalui seks oral. Gejalanya berupa bercak putih atau merah dalam mulut, kebas pada wajah, mulut, atau leher, sakit tenggorokan, kesulitan mengunyah dan menelan, dll.

Pada kasus anda, sebaiknya periksakan terlebih dahulu dengan dokter spesialis kulit dan kelamin agar anda mendapat diagnosis dan terapi yang tepat.

Berikut kami lampirkan beberapa artikel sebagai bahan bacaan lain anda.

Terima kasih, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar