Sukses

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS)
15 May 2019, 10:01 WIB
Wanita, 27 tahun.

Hi dokter, Nama saya Mita.. Perut bagian bawah saya sering sakit,di bagian kanan dan kiri.Sempat periksa ke dokter dan hasil scan mengatakan bahwa saya mengalami polysystic ovarian disease..tapi kenapa bisa sakit sekali ya?? Terimakasih dokter...

Terima kasih telah bertanya seputar Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) merupakan suatu kelainan hormonal dengan beberapa gejala khas yang ditandai oleh adanya sejumlah kista pada ovariumnya (indung telur). PCOS terjadi pada 5-10% wanita dan merupakan penyebab tersering gangguan kesuburan (infertilitas) pada wanita.

Gejala utama dari penderita PCOS yaitu adanya gangguan pada siklus menstruasi dan adanya peningkatan kadar hormon pria (androgen), seperti berjerawat, pertumbuhan rambut yang berlebih di seluruh tubuh (hirsutism), dll. Namun, beberapa wanita mungkin tidak merasakan adanya gejala-gejala PCOS selain mengalami kesulitan untuk mendapatkan keturunan (infertilitas). Infertilitas pada penderita PCOS terjadi karena indung telurnya tidak mampu melepaskan sel telur setiap bulannya.

Disamping mengalami peningkatan kadar hormon pria, PCOS juga dapat menyebabkan terjadinya resistensi insulin perifer dan hiperinsulinemia (tingginya kadar insulin dalam tubuh) akibatnya penderita PCOS cenderung akan mengalami gangguan dalam pengaturan metabolisme lemak (lipid) dan pengaturan kadar gula darah (kadar gula darah menjadi tinggi dalam tubuh seperti yang terjadi pada penderita gula darah), sehingga mereka menjadi obesitas.

PCOS mepengaruhi infertilitas (gangguan kesuburan ) dikarenakan menyebabkan wanita menghasilkan sikus anovulatoar (tidak mengandung sel telur) akibat dari ketidakseimbangan hormonal.

Kandungan obat cina penggemuk badan belum diketahui pasti apakah dapat mempengaruhi kesuburan atau tidak. Namun sebaiknya anda menghindari konsumsi obat-obatan yang belum jelas kandungannya untuk menghindari efek-efek yang tidak diinginkan.

Untuk memastikan apakah anda mengalami PCOS atau tidak, diperlukan pemeriksaan langsung untuk mengetahui keadaan sel telur anda. Kami sarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk memastikan diagnosa dan terapi yang tepat. 

Demikian informasi seputar Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.              

0 Komentar

Belum ada komentar