Sukses

Mengatasi Rasa Kantuk

14 May 2019, 13:38 WIB
Wanita, 18 tahun.

cara mengatasi kantuk pada pagi hari

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah bertanya mengenai mengatasi rasa kantuk menggunakan fitur Tanya Dokter.

Mengantuk adalah salah satu panggilan alarm alamiah tubuh ketika tubuh membutuhkan istirahat. Tidak hanya kurang tidur, namun mengantuk dapat juga dipicu oleh beberapa kondisi sebagai berikut:

Kekurangan oksigen di otakAnemia (kekurangan sel darah merah)Penyakit kronisKurang olahragaHipoglikemia (kadar gula darah rendah)Hipotensi (tekanan darah rendah)Stres.

Berikut adalah beberapa kiat untuk mengatasi rasa kantuk:

Berjalan ke luar ruanganBerada di dalam ruangan dengan cahaya lampu, monitor komputer, dan air conditioner (AC) bisa membuat Anda cepat merasa ngantuk. Untuk itu, Anda dapat berjalan-jalan keluar ruangan dan melihat pemandangan baru di luar ruangan. Hal tersebut akan membuat badan menjadi lebih segar

Olahraga ringanAktivitas ini dapat membuat detak jantung lebih cepat serta memberikan oksigen lebih banyak untuk tubuh. Lakukan olahraga ringan seperti jumping jack, lompat tali, atau sedikit yoga hingga Anda berkeringat agar anda tidak ngantuk lagi

Melakukan aktivitas yang menstimulasi otakTerus pancing otak Anda agar tidak berhenti beraktivitas. Mengisi Teka Teki silang (TTS) atau main Sudoku mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat. Kegiatan ini dapat memicu otak dan tubuh agar tetap aktif.

Konsumsi makanan ringanLangkah lain untuk membuat tubuh terjaga adalah membuatnya terus bekerja. Pertahankan metabolisme Anda dengan mengkonsumsi makanan ringan, namun tetap hindari makanan berat atau manis. Buah-buahan merupakan salah satu pilihan yang baik.

Ubah posisi tubuhCara duduk yang salah juga bisa jadi penyebab rasa kantuk. Cobalah duduk dengan posisi tegak sambil menyilangkan kaki, atau berdirilah sejenak kemudian duduk kembali.

Rangsang indera penciumOleskan pewangi di pergelangan tangan anda atau di bawah hidung. Hindari pewangi yang berbau lavender, karena tumbuhan ini memiliki efek menenangkan yang dapat meningkatkan rasa kantuk.

Berbicara dengan orang lainBerbicara atau mengobrol dengan teman dapat menstimulasi otak dan mencegah rasa kantuk.

Waktu tidur yang ideal adalah rata-rata 7-8 jam setiap harinya. Bila Anda tetap merasa sering mengantuk walaupun sudah tidur dengan cukup, kami menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter secara langsung guna dilakukan evaluasi lebih lanjut.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mengatasi rasa kantuk, semoga bermanfaat. Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar