Sukses

Tekanan Darah Rendah
13 May 2019, 20:40 WIB
Wanita, 27 tahun.

Hallo dokk.. Tadi saya cek tensi darah dan hasil nya 100/59mmHg udah 3 kali cek hasilnya sama dok. Apa penyebab tekanan diastolik rendah? Apa bisa menyebabkan kelainan suatu penyakit seperti jantung lemah? Mohon solusinya..

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Tekanan Darah Rendah.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Tekanan darah rendah (hipotensi) merupakan suatu keadaan dimana tekanan darah rendah hingga dibawah 90/60 mmHg, walau tekanan darah memang bervariasi untuk setiap orang, bisa saja ada yang tekanan darahnya 80/60 namun tidak merasakan apa-apa. Gejala yang dapat muncul saat tekanan darah rendah adalah pusing hingga pingsan, sulit berkonsentrasi, mual, lemas, kaki dan tangan dingin, depresi hingga rasa haus yang berlebih. Ada kalanya tekanan darah yang rendah terus menerus karena memang riwayat keturunan dalam keluarga dan tidak menjadi masalah.

Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh menstruasi, perdarahan yang banyak, dehidrasi, diet yang yang berlebihan, pengaruh obat hingga beberapa penyakit seperti kelainan jantung, kehamilan dan gangguan hormonal.

Penanganan hipotensi tergantung adri penyebab dasarnya. Namun beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan tekanan darah adalah : 

  1. Segera berbaring dan angkat kaki Anda melebihi tinggi jantung
  2. Konsumsi garam yang lebih banyak
  3. Banyak minum air, hindari alkohol
  4. Makan yang lebih sehat (porsi lebih sedikit, namun lebih sering)

Namun jika setelah melakukan berbagai hal diatas, keluhan dari gejala hipotensi masih Anda rasakan, kami sarankan Anda segera konsultasi langsung dengan Dokter agar daat diketahui penyebab pasti dari keluhan Anda dan mendapatkan terapi yang optimal.

Untuk menambah wawasan Anda, kami sertakan artikel berikut:

Fakta Mengenai Tekanan Darah Rendah

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Tekanan Darah Rendah. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar