Sukses

Tanda-tanda Kehamilan

13 May 2019, 20:01 WIB
Wanita, 25 tahun.

Pagi Dok, saya mau bertanya... Tgl 9 dan 10 may kemarin saya melakukan 3x testpack. Dan hasil ketiganya positif. Siang hari pd tanggal 10 may kemarin, saya dan suami pergi k dokter kandungan, dan melakukan usg. Namun dokter bilang belum terlihat apapun di rahim saya. Bahkan kalimat dokter cenderung melemahkan "saya melihat area hitam seperti darah tanda2 mau datang bulan". Kira-kira apakah benar saya tidak hamil? Apakah dokter dan usg bisa salah? Adakah hal lain yang bisa saya lakukan untuk meyakinkan bahwa saya benar-benar hamil atau tidak? Terimakasih sebelumnya dok.. jujur, hasil dokter kemarin, buat saya sangat down. Tapi saya masih yakin bahwa saya hamil. Mengingat 3 hari yang lalu saya mengalami flek darah (namun tidak berkepanjangan), puting yang sakit, bawah perut kram. Dan hingga saat ini belum datang bulan. Bulan lalu saya telat hampir 2 minggu, dok. Harusnya d tanggal 28 maret, ternyata baru haid terakhir d tanggal 10 april - 13 april. Terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Tanda-tanda Kehamilan.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

  • sering berkemihpembesaran dan nyeri payudara
  • mual
  • perasaan lelah
  • daerah sekitar puting susu menghitam
  • peningkatan suhu tubuh
  • flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding Rahim
  • Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaanterdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Jika Anda ragu mengenail hal ini, jangan sungkan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan. Jika Anda ragu dengan hasil pemeriksaan dokter Anda, silahkan mencari secon opinion dari dokter spesialis kandungan dan kebidanan lainnya.

Untuk menambah wawasan Anda, kami sertakan artikel berikut:

Tanda Hamil yang Tak Banyak Diketahui

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Tanda-tanda Kehamilan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar