Sukses

Mengatasi Flu

13 May 2019, 11:28 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok mau tanya, kemarin malam 7 saya minum obat decolsin karena flu, Tpi setelah beberapa jam saya merasa susah tidur dan gelisah, pagi hingga sore hari kepala mulai terasa nyut nyutan sedikit di belakang dan mulai merasa demam, adakah solusi untuk saya dok?

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Flu umumnya memiliki gejala batuk, pilek, hidung tersumbat, dan terkadang disertai demam. Meski terlihat ringan, flu tetap dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, apalagi jika tidak diobati dengan benar.

Berikut adalah cara cepat menyembuhkan flu:

  • Istirahat di rumah. Penyakit yang pemicunya adalah infeksi virus akan lebih cepat pulih bila Anda mengistirahatkan diri di rumah. Dengan demikian, sistem kekebalan tubuh Anda akan lebih cepat meningkat.
  • Olahraga dan aktivitas fisik ringan juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Jangan hilangkan kebiasaan olahraga Anda saat flu.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi vitamin C. Baik sayur-mayur dan buah-buahan.
  • Mandi dengan air hangat. Mengapa air hangat? Udara yang beruap dapat membasahi dan mengurangi lendir di sinus Anda. Selain dengan mandi menggunakan air hangat, bisa juga dengan membuat “sauna pribadi” di kamar mandi. Caranya, isi air hangat ke dalam baskom, kemudian hiruplah uap hangat yang dihasilkannya.
  • Minum setidaknya delapan gelas cairan setiap hari. Cairan membantu menipiskan lendir tebal yang terbentuk karena penyakit ini.
  • Minuman panas dapat bekerja lebih baik daripada minuman dingin. Tapi hindarilah kopi, teh dengan kafein, atau alkohol.
  • Kompres hangat di bagian hidung juga dapat membantu mengeluarkan lendir di sinus Anda.

Semoga cara-cara tersebut dapat mengatasi flu yang Anda alami.

Demikian informasi inikami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar