Sukses

Buah dan Susu

13 May 2019, 10:46 WIB
Wanita, 35 tahun.

Assalamualaikum wr wb. Mw nanya nih seputar Ramadhan. Baru2 ini ada muncul artikel tentang air nabeez ( rendaman kurma) yg tidak boleh dicampur susu, karena bisa menimbulkan penyakit. Dari ramadhan tahun lalu saya jual minuman ini. Kurma saya rendam dalam bilangan ganjil. 7 - 8 jam lalu saya blender dengan susu uht lalu saya beri madu n sedikit garam utk menaikan rasa dari minuman itu. Yang saya tw air nabeez tidak bisa diminum lebih dari 2 hari, karena bisa jadi arak jatohx malah jadi haram. Mohon penjelasannya dokter . Terima kasih.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih telah bertanya di fitur Tanya Dokter

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Pada dasarnya  Buah merupakan sumber mineral dan vitamin, yang bermanfaat mengatur fungsi di dalam tubuh. Sedangkan susu bermanfaat untuk kesehatan tulang, dengan kandungan gizi yang mampu menekan risiko kanker payudara pada wanita perimenopause. Secara umum, buah dan susu memang memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan.

Namun demikian, tidak semua buah baik dikonsumsi bersamaan dengan susu. Alasan utama mengapa Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi buah dan susu secara bersamaan adalah karena buah sangat mudah dicerna, sedangkan susu lebih lama diproses dalam tubuh. Selama proses tersebut, buah dapat menggumpalkan susu yang berpotensi menyebabkan perut sakit dan asam lambung meningkat.

Oleh karena itu, jika Anda ingin mendapatkan manfaat buah dan susu secara keseluruhan, konsumsilah keduanya secara terpisah, tanpa dicampur dengan makanan lainnya. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi Anda akan tercukupi dan tubuh Anda akan senantiasa sehat.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar