Sukses

Nyeri Perut Bagian Atas

12 May 2019, 21:05 WIB
Pria, 79 tahun.

perut sebelah atas nyeri sampai tenggorokan

Terima kasih telah bertanya seputar Nyeri Perut Bagian Atas menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Sebelumnya, kami ingin menanyakan beberapa hal seperti: bagaimana karakteristik nyeri perutnya? Apakah nyeri tersebut menjalar? Bagaimana pola makan Anda? Bagaimana pola BAB Anda?

Keluhan nyeri perut di daerah kiri atas atau dalam bahasa kedokteran disebut daerah hipokondriak kiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Apa saja komponen dari daerah ini? Tentu ada kulit, otot, tulang, selain itu terdapat organ lambung dan limpa.

Nyeri perut pada bagian kiri dapat berarti beberapa hal, diantaranya adalah gastritis (peradangan lambung), dispepsia, duodenitis, dan gangguan pencernaan lainnya. Apabila pola makan Anda tidak sehat (banyak makan pedas, asam, berlemak), kurang serat pada makanan, kurang minum air putih, dan waktu makan tidak teratur, maka mungkin saja gangguan pencernaan menjadi penyebabnya.

Sedangkan keluhan pada perut atas bagian kanan dapat disebabkan karena berbagai macam hal. Yang perlu diketahui adalah organ di daerah tersebut, yaitu kulit, otot, hati, empedu, tulang (apabila nyeri berdekatan dengan daerah tulang iga). Masing-masing organ tersebut dapat menyebabkan keluhan nyeri.

Perlu dicari lebih dalam lagi adakah riwayat trauma, riwayat penyakit hati seperti hepatitis, riwayat minum alkohol, memakai jarum suntik bersama, transfusi darah, riwayat gastritis (maag), hubungan antara keluhan nyeri dan makanan, kapan saja terjadinya nyeri, sejak kapan, dan masih banyak hal yang perlu diketahui sebelum dapat ditentukan dengan pasti penyebabnya.

Kami sarankan Anda segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung sehingga dapat segera ditegakkan diagnosis. Dengan demikian, Anda dapat segera memperoleh pengobatan yang sesuai. Semoga keluhan Anda segera teratasi!

Demikian informasi seputar Nyeri Perut Bagian Atas yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.              

0 Komentar

Belum ada komentar