Sukses

Benjolan Di Anus, Itu Wasir?
11 May 2019, 22:19 WIB
Wanita, 16 tahun.

Halo dok. Beberapa bulan yg lalu sekitar 6 bulanan ketika sehabis BAB keluar darah segar dan setelah itu saya punya benjolan dibawah anus, apakah itu dapat dikatakan sebagai wasir? Benjolannya lumayan tapi tidak menganggu, saya masih bisa duduk dengan normal. Tolong penanganannya dan sertakan obat alternatifnya dok. Terimakasih:)

Terima kasih telah bertanya seputar hemorrhoid (wasir/ambeien) menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna.

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi:

Grade I: wasir tidak keluar dari rektum

Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan

Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan) 

Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penangannya. Perlu diketahui bahwa wasir atau haemorrhoid tidak dapat sembuh secara total. Tindakan yang dapat dilakukan adalah mencegah timbulnya keluhan dan mengatasi gejala yang timbul dengan obat-obatan. Berikut adalah beberapa modifikasi gaya hidup yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari:

- Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dll) sekitar 20-25 gram sehari

- Olahraga

- Mengurangi mengedan

- Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)

- Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.

- Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.

- Penggunaan jamban jongkok juga sebaiknya dihindari.

Kami menganjurkan agar Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis bedah umum atau bedah digestif untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai hemorrhoid (wasir/ambeien). Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar