Sukses

Bolehkah Langsung Makan Setelah Membersihkan Karang Gigi?
11 May 2019, 11:59 WIB
Wanita, 24 tahun.

dok mau nanya, sy abis bersiin karang gigi. apa bisa langsung makan dan menyikat gigi? terimakasih do

Terima kasih sudah bertanya seputar Bolehkah langsung makan setelah membersihkan karang gigi melalui fitur Tanya Dokter.

Sebelumnya Kami akan menjelaskan sedikit mengenai karang gigi. Permukaan gigi kita tidak pernah betul-betul bersih. Segera setelah kita sikat gigi pun, lapisan tipis (disebut biofilm) akan segera terbentuk, yang mengandung banyak sekali mikroorganisme baik maupun jahat, dan akan bergabung dengan sisa makanan yang kemudian disebut plak gigi. Plak akan "matang" setelah 1-2 hari tanpa penyikatan gigi sama sekali, dan mengandung material organik seperti lemak, protein dan enzim serta material anorganik yaitu mineral terutama kalsium dan fosfor. Plak yang menumpuk dapat menyebabkan peradangan pada gusi, akibatnya gusi bengkak, warnanya merah terang, dan mudah berdarah.

Kondisi ini juga dapat menyebabkan bau mulut karena plak akan diolah oleh bakteri dan menghasilkan senyawa sulfur yang menjadi sumber bau tak sedap.Bila tidak dibersihkan secara optimal, mineral-mineral yang berasal dari plak, air liur dan makanan akan terdeposit di dalam plak sehingga lama kelamaan plak akan mengeras, itulah yang disebut karang gigi (dental calculus).

Dental calculus tidak dapat dibersihkan hanya dengan sikat gigi atau cara lainnya, namun hanya dapat dibersihkan dengan penggunaan alat scaler ultrasonik atau dengan hand instrument dengan bantuan dokter gigi. Scaler ultrasonik bekerja dengan cara vibrasi atau getaran pada ujung alat yang dapat dilepas dan disterilisasi. Bagian ujung alat tersebut juga menyemprotkan air sehingga membilas karang gigi dan menjaga gigi tetap dalam keadaan dingin, karena panas yang timbul akibat gesekan ujung alat dengan gigi dapat menyebabkan trauma pada pulpa gigi. Vibrasi dari ujung scaler tidak merusak email, selama email gigi terbentuk dengan sempurna.

Setelah pembersihan karang gigi, anda boleh langsung makan dan minum. Namun untuk menghindari akibat sensitif sementara karena turunnya gusi pasca pembersihan karang gigi maka kalau bisa hindari makanan dan minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas selama 1-2 hari. Penurunan gusi akibat perlekatan karang gigi sehingga akar gigi terbuka dan bisa menyebabkan rasa ngilu. Jika rasa ngilu berlanjut lebih dari 1 minggu ketika terkena rangsangan dingin/panas sebaiknya periksakan secara langsung dengan dokter gigi Anda untuk penanganan yang diperlukan. 

Baca juga artikel terkait :

- Bisakah Membersihkan Karang Gigi Sendiri di Rumah?

- Cara Membersihkan Karang Gigi di Rumah

- Mengapa Terasa Ngilu Saat Karang Gigi Dibersihkan?

Demikian informasi yang dapat kami berikan, Semoga Bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar