Sukses

Hasil Pap Smear

09 May 2019, 12:09 WIB
Wanita, 36 tahun.

dok , saya mau tanya hasil papsmear saya dan langkah ato obat apa yg baik, hasil papsmear saya kmrn sediaan menunjukkan sel epitel permukaan cukup sel epitel intermediet cukup sel epitel parabasal sedikit sel epitel endoserviks sedikit disertai metaplasia squamosa latar belakang lekosit PNM banyak limfosit dan histiosit banyak disertai gambaran lekosit ball dan trikomonas tidak ditemukan sel ganan dan jamur.. mohon jawaban nya dok, terimakasih

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya seputar Hasil Pap Smear Trichomoniasis melalui fitur Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Berdasarka data yang Anda sampaikan, ditemukan adanya infeksi parasit trichhomonas vaginalis,  dan sel darah putih yang padat. Sebelumnya apakah Anda ada keluhan? Apakah ada keputihan yang banyak, gatal atau berbau? Trichomoniasis merupakan penyakit infeksi menular seksual yang umumnya diawali dengan gejala keputihan. Apakah Anda mengalami keputihan ?

Trikomoniasis merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit Trichomonas vaginalis. Parasit ini paling sering menyerang wanita, namun pria dapat terinfeksi dan menularkan ke pasangannya lewat kontak seksual. Vagina merupakan tempat infeksi paling sering pada wanita, sedangkan uretra (saluran kemih) merupakan tempat infeksi paling sering pada pria.

Pada wanita, yang diserang terutama dinding vagina, dapat bersifat akut maupun kronik. Pada kasus akut terlihat sekret vagina keruh kental berwarna kekuning-kuningan, kuning hijau, berbau tidak enak dan berbusa. Dinding vagina tampak kemerahan dan sembab. Selain itu didapatkan rasa gatal dan panas di vagina. Rasa sakit sewaktu berhubungan seksual mungkin juga merupakan keluhan utama yang dirasakan penderita dengan trikomoniasis. Pasien dengan trikomoniasis dapat juga mengalami perdarahan pasca sanggama dan nyeri perut bagian bawah. Bila sekret banyak yang keluar, dapat timbul iritasi pada lipat paha atau di sekitar bibir vagina. Pada kasus yang kronis, gejala lebih ringan dan sekret vagina biasanya tidak berbusa.

Gejala trikomoniasis pada pria yang terinfeksi biasanya akan hilang dalam beberapa minggu tanpa pengobatan. Namun, pria yang terinfeksi tersebut, walaupun tidak pernah memberikan gejala atau gejalanya sudah tidak ada, dapat terus menularkan ke pasangan seksualnya sampai ia selesai diobati.

Oleh karena itu, kedua pasangan seksual tersebut harus diobati sekaligus untuk menghentikan penyebaran penyakitnya. Penderita yang sedang diobati disarankan tidak melakukan hubungan seksual selama pengobatan dan sebelum dinyatakan sembuh. Orang yang pernah terkena trikomoniasis tidak melindungi orang tersebut untuk tidak terkena lagi. Walaupun pengobatannya berhasil, orang tersebut dapat terkena infeksi kembali.

Untuk itu kami sarankan Anda dan pasangan Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk diberi penanganan dan pengobatan yang optimal.

Baca juga: Trikomoniasis

Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar Hasil Pap Smear Trichomoniasis, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar