Sukses

Sering Cemas
09 May 2019, 12:36 WIB
Wanita, 20 tahun.

permisi dok, saya perempuan umur 20 tahun. saya punya gangguan kecemasan/ketakutan yang berlebihan. padahal sesuatu itu bukan hal yang besar, atau bisa dibilang itu cuma sesuatu yang kecil. saat saya ditegur oleh orang, saya merasa sangat tertekan dan takut. perasaan panik muncul sampai membuat saya panas dingin, pusing, mual, jantung berdetak kencang sekali, dan mengigil. saya juga mengalami gangguan tidur karena terus-terusan memikirkan sesuatu yang belum tentu terjadi. selera makan saya pun hilang. badan jadi lemas dan gangguan kecemasan itu berefek lumayan lama. saya merasa ingin menangis, tapi saya tidak bisa. seperti ada sesuatu yang menahannya. saya merasa seperti orang trauma berat. saya pikir gangguan ini bisa mengganggu aktivitas sehari-hari saya. jadi bagaiman solusi yang tepat untuk menangani nya dok. dan apakah yang saya alami ini termasuk kedalam gangguan kecemasan serius? terimakasih, dok

Terimakasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk bertanya tentang cemas berlebihan. 

Kami turut prihatin akan kondisi Anda.

Dari yang Anda jabarkan sepertinya mengalami gangguan cemas berlebihan yang sangat berdampak pada kondisi fisik dan kejiwaan Anda.

Cemas/kecemasan adalah perasaan gelisah, khawatir atau takut. Kecemasan dalam kadar tertentu (sedikit) dapat membantu, misalnya ketika Anda cemas sebelum ujian, hal itu akan membuat Anda lebih waspada/siaga sehingga performa akan lebih baik. Tetapi kecemasan yang terlalu banyak akan membuat Anda lelah dan sulit berkonsentrasi.

Kecemasan memiliki gejala psikologis dan fisik. Gejala psikologis termasuk:

Hampir selalu merasa khawatir atau gelisahSulit tertidur sehingga merasa lelahSulit berkonsentrasiMenjadi mudah marahMenjadi sangat waspada/siagaMerasa di ujung tanduk/tidak bisa rileksSeringkali membutuhkan penghiburan dari orang lain Merasa sedihKetika Anda cemas, tubuh akan mengeluarkan hormon stress seperti adrenalin dan kortisol. Hormon-hormon ini menimbulkan gejala fisik kecemasan, seperti peningkatan laju jantung dan berkeringat. Gejala lain yaitu:

Jantung berdebar-debar dan menyentakBernafas lebih cepatIrama jantung tidak teraturMerasa sakitNyeri dadaSakit kepalaBerkeringat berlebihanKehilangan nafsu makanRasa melayang seperti mau pingsanSering merasa ingin BAKRasa seperti ada yang menggelitik di dalam perutKetegangan otot-ototApabila gejala-gejala kecemasan ini sudah dialami dalam jangka waktu yang panjang (>2 bulan), kemungkinan besar Anda mengalami gangguan cemas.

Gangguan cemas dapat diatasi dengan maupun tanpa obat-obatan. Penggunaan obat-obatan harus atas indikasi dokter yang menangani.

Bila kondisi ini sangat mengganggu kualitas hidup Anda, kami sarankan Anda mengunjungi psikiater atau psikolog untuk konsultasi lebih lanjut. Dokter akan membantu Anda dengan mendengarkan keluhan Anda dan membantu Anda mencari penyelesaian untuk masalah Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. Salam. 

 

0 Komentar

Belum ada komentar