Sukses

Sering Diam dan Menangis
09 May 2019, 12:30 WIB
Wanita, 17 tahun.

Sore dok, saya mau tanyak sesuatu nih. Akhir-akhir ini saya itu lebih banyak diam dan menangis, sering juga melamun. Klau udh melamun itu pasti ada perasaan bersalah yang buat saya itu menangis tiba-tiba tanpa bisa saya tahan lagi. Saya paham klau kondisi keluarga saya ini memang lagi banyak masalah dok, saya juga merasa lebih sering diam dikamar. Apakah ini karena saya stress dok? Terima kasih.

Terimakasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter.

Dari riwayatnya, masih ada beberapa kemungkinan dari kondisi Anda.

Anda bisa saja mengalami depresi yang berwujud sebagai kesukaan Anda terhadap hal-hal yang sedih. Atau bisa mengalami gangguan bipolar/gangguan suasana hati.

Terkait dengan serangan panik, biasanya penderita mengalami teror, ketakutan yang tak beralasan, dan gelisah. Mereka juga bisa merasa akan mati atau kehilangan kendali terhadap dirinya atau merasa akan serangan jantung. Gejala fisik yang bisa dirasakan yaitu:

Nyeri dadaRasa melayangTangan dan / atau kaki dingin atau berkeringat Sesak napas Jantung berdebar-debar Ketidakmampuan untuk diam dan tenang Mati rasa atau kesemutan di tangan atau kaki Mual Otot tegang PusingCiri khas orang yang pernah mengalami serangan panik ialah, ia akan khawatir untuk mengalami serangan panik ulangan di masa depan. Ini yang diseput dengan gangguan cemas antisipatif (anticipatory anxiety).

Orang dengan serangan panik juga mulai menghindari tempat-tempat di mana mereka mengalami serangan sebelumnya. 

Apakah Anda mengalami hal-hal tersebut di atas? Bila ya, jangan khawatir. Kabar baiknya, gangguan ini umum terjadi dan sangat bisa ditangani.

Kami sarankan agar Anda mengunjungi psikolog atau dokter spesialis kejiwaan/psikiater untuk menentukan kondisi Anda dan memberikan pengananan yang tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar