Sukses

Pandangan Dekat Buram Setelah Menggunakan Kacamata
06 May 2019, 10:19 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat siang dok, saya mau tanya. minggu kamarin saya pergi ke optik untuk cek mata. hasilnya mata kiri minus 0.75 dan mata kanan minus 2.0 silindris 0.5. kemudian saya sekalian pesan kacamata baru. setelah jadi saya pakai untuk melihat jarak jauh enak, jadi jelas semuanya. tetapi kok untuk melihat jarak dekat (membaca buku/bekerja didepan laptop) malah jadi agak kabur, mending nggak pakai kacamata, agar bisa melihat jelas seperti biasa mata harus diakomodasi maksimal, jadinya walau hanya sebentar mata langsung capek. sebelumnya saya sudah terbiasa menggunakan kacamata dengan lensa netral anti radiasi saat bekerja dan saya merasa nyaman. ini kira-kira masalahnya apa ya dok? takutnya kalau saya biasakan menggunakan kacamata yang sekarang malah pandangan jarak dekat saya jadi ikut bermasalah juga. terima kasih.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar pandangan dekat buram setelah menggunakan kacamata pada layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang mata minus. Mata minus atau Miopia disebut rabun jauh karena berkurangnya kemampuan melihat jauh tapi dapat melihat dekat dengan lebih baik. Miopia terjadi jika kornea (terlalu cembung) dan lensa (kecembungan kuat) berkekuatan lebih atau bola mata terlalu panjang sehingga titik fokus sinar yang dibiaskan akan terletak di depan retina. Pada dasarnya, progresivitas rabun jauh akan menjadi stabil mulai usia 20 tahun, artinya minus tidak akan bertambah, atau kalaupun bertambah hanya sedikit.

Koreksi mata miopia dengan memakai lensa minus/negatif ukuran teringan yang sesuai untuk mengurangi kekuatan daya pembiasan di dalam mata sedangkan mata dengan astigmatisme adalah dengan menggunakan lensa silindris. Biasanya pengobatan dengan kaca mata dan lensa kontak. 

Keluhan mata buram yang Anda rasakan, setelah mendapatkan koreksi untuk pandangan jauh, dapat diakibatkan oleh pengukuran kacamata koreksi yang belum tepat. Kami lebih menyarankan agar Anda memeriksakan ketajaman penglihatan Anda pada dokter spesialis mata yang lebih berkompeten untuk menentukan visus atau ketajaman penglihatan seseorang.

 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar pandangan dekat buram setelah menggunakan kacamata. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar