Sukses

Bentuk Perut Tidak Wajar

02 May 2019, 10:30 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dok saya mau bertanya saya merasa aneh dengan bentuk saya yg tidak merata,suasana merasakan perut saya melebar kesamping jika ditidurkan dan saat ditidurkan pula perut mengikuti posisi saya tidur ,jika sedang duduk perut saya menonjol ke depan dan berlipat dan saya menggunakan celana selalu merasakan kesempitan penyakit apa yg saya alami ya dokter?

Terimakasih telah bertanya mengenai bentuk perut yang tidak wajar melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekahwatiran Anda.

Bentuk perut yang tidak wajar memang bisa mengganggu penampilan, namun kalau dilihat dari berat badan dan tinggi badan Anda, Anda tidak termasuk dalam kategori obesitas. Berat badan Anda justru tergolong kecil untuk tinggi badannya.

Bisa jadi, Anda termasuk orang yang memiliki elastisitas jaringan tinggi sehingga kulit lebih elastis dan nampak 'kendur'. Jika ini sifatnya genetik memang agak sulit untuk diperbaiki, namun bisa dibantu dengan olahraga yang menyasar otot perut dan membentuk otot-otot lain agar tubuh lebih terasa kencang. Lakukan mulai dari intensitas ringan terlebih dahulu baru dinaikkan secara bertahap. Jangan terburu-buru dan terlalu memaksakan diri. Diperlukan kesabaran dan latihan teratur untuk mengencangkan kembali otot perut Anda.

Anda juga perlu mengatur asupan kalori dan mengatur waktu beristirahat. Diet yang dianjurkan adalah diet rendah lemak, tinggi serat, tinggi karbohidrat kompleks, dengan protein. Perbanyak buah dan sayur, kurangi jenis karbohidrat simpleks seperti nasi putih, dan roti putih. Anda dapat mengonsumsi beras merah atau roti gandum sebagai pengganti karbohidrat simpleks. Batasi makanan gorengan dan perbanyak makanan rebus, kukus, atau panggang. Gunakan minyak zaitun dalam jumlah sedikit apabila ingin menumis sayuran. Jangan makan makanan instan seperti sosis, sarden, kornet, dll. Sebaiknya setelah pukul 18.00, Anda tidak lagi mengkonsumsi makanan dengan kalori tinggi. Perbanyak minum air putih (minimal 8 gelas sehari).

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar bentuk perut yang tidak wajar. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar