Sukses

kemampuan bahasa anak

29 Apr 2019, 23:28 WIB
Pria, 38 tahun.

saya punya anak sejak umur 4 th suka bicara bahasa sunda, indonesia, inggris, jepang, spanyol dan rusia. terkadang saya bingung jawab apa, saya cuman bisa mengangguk saja. saya tahu anak saya multi lingual semenjak dia kalo nonton video/ film bahasa inggris, jepang, spanyol, rusia dia suka ketawa ketawa sendiri dan kalo di tanya di menerangkan nya pake bahasa indonesia katanya dan video nya ada hal lucu. sampai akhirnya saya melarang nonton video/ film anak dengan bahasa jepang, spanyol, dan rusia karena saya pusing menjawab kalo dia bertanya/ menceritakan sesuatu pakai bahasa tersebut. sampai akhirnya umur 6 th masuk sekolah dasar ( sd) yg tersisa bisa bahasa inggris saja. dan semenjak sekolah dasar dia tidak mau bicara karena guru nya gk bisa bahasa inggris katanya dan temen temen nya sering meledek orang aneh, sehingga anak saya gk punya teman. yang ingin saya tanyakan apa yang harus saya lakukan supaya bahasa inggrisnya tidak hilang sampai dewasa? bahasa setiap hari yg saya pakai sama istri bhsa sunda, dan setiap kali saya ajak bicara anak pakai bahasa inggris, katanya bahasa ingris saya salah trus jadi gk mau ngomong pakai bahasa ingris lagi :'(.

Terima kasih atas pertanyaan anda dalam fitur Tanya Dokter, 

Saya memahami kekhawatiran anda terkait perkembangan bahasa anak anda.

Pertama izinkan saya mengapresiasi bahwa anak anda berarti cerdas jika punya kemampuan berbahasa yang luar biasa, karena bahasa merupakan salah satu dari aspek perkembangan anak diluar kemampuan motorik halus, motorik kasar, dan kemampuan sosial. terkait masalah yang anda hadapi saya rasa jangan batasi anak dengan kemampuan yang dimiliki dengan kemampuan lingkungan, baik di sekolah maupun di rumah (keluarga). Karena jika dibatasi nantinya akan menyia-nyiakan bakat yang anak anda miliki dimana di kemudian hari pastinya akan bermanfaat untuk dirinya.

sekarang mari kita coba lihat masalahnya:

1. anak di bully saat di sekolah

2. kemampuan orangtua untuk bahasa inggris tidak dapat membantu anak untuk berkembang

3. orangtua tidak ingin kemampuan bahasa inggrisnya hilang karena 2 masalah diatas.

solusi yang bisa saya tawarkan adalah:

1. fasilitasi anak untuk berbahasa inggris

jika orangtua tidak mampu membantu anak dalam berbahasa inggris, anda sebagai orangtua dapat memfasilitasi dengan cara memberikan anak kursus bahasa inggris, bukan karena anak tidak bisa, tetapi untuk menyalurkan bakatnya yang selama ini terhambat baik di sekolah ataupun dirumah. ketika anak anda dapat teman (guru les) untuk menyalurkan bakatnya, jangan lupa memberikan aturan untuk berbicara bahasa indonesia atau mungkin sunda, untuk mengembangkan bahasa lainnya. dengan begitu anak anda dapat mempelajari bahasa lainnya secara bersamaan tanpa tercampur-campur.

2. orangtua yang belajar bahasa inggris

jika orangtua yang belajar bahasa inggris anak akan merasa dihargai karena anda sebagai orangtua menunjukkan usaha agar dapat memfasilitasi anak anda dengan meningkatkan kemampuan anda sendiri. anda bisa panggil guru les privat untuk anda jika itu tidak masalah.

3. pindah sekolah

karena kemampuan bahasa inggris anak anda yang mungkin diatas rata-rata dan berbeda dengan anak lain di sekolah, salah satu solusi nya adalah pindah sekolah. pindah sekolah ke sekolah yang dapat mengembangkan anak anda mungkin seperti sekolah nasional plus atau berbasis internasional. tetapi jika ini tidak memungkinkan anda bisa memilih opsi 1 atau 2.

 

pada dasarnya kemampuan setiap anak berbeda-beda, jika anak anda mempunyai kemampuan, dalam hal ini bahasa, disarankan agar tidak dibatasi melainkan difasilitasi. apa yang anak anda pelajari pada usia dini kemungkinan dikuasai dan diingat pastinya jauh lebih baik dibanding jika sudah dewasa.

Jika anak solusi diatas belum berhasil dengan baik, maka saran saya coba dikonsultasikan seca langsung ke dokter anak. mengenai hal ini saya sertakan juga artikel yang dapat anda baca:

bahasa dan kecerdasan anak

manfaat anak multilingual

mengajarkan bahasa anak

Semoga informasi ini membantu, salam sehat!

0 Komentar

Belum ada komentar