Sukses

Seputar HNP

30 Apr 2019, 22:33 WIB
Wanita, 18 tahun.

Malam Dok, mau tanya . Bapak saya pernah operasi usus buntu, dan sekarang masih suka kambuh, dia pernah tanya ke dokter katanya maag angkut, katanya kalo lagi kambuh perut bagian kanan pas lambung kayaknya , suka ada kayak benjolan gitu..tapi kalo lagi nggak sakit benjolan nya ilang.. sering banget itu dok kambuh terus dia minum obat dari apotik , soalnya dulu pernah periksa ke dokter terus di kasih resep gitu , katanya kalo udah minum obat itu udah agak mendingan tapi tadi pas kambuh di minumin obat belom reda" juga sakit nya.. jadi solusinya gimana ya dok? Terus itu sebenernya penyebab nya apa ? Kok masih suka kambuh gitu ? Oh ya sama ini katanya kan nggak boleh angkat yang berat" , tapi kadang nggak kerja berat masih suka kambuh.

Terima kasih telah bertanya seputar Seputar HNP menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

HNP adalah Hernia Nukleosus Pulposus yaitu keadaan dimana sebagian atau seluruh bagian dari nukleus pulposus mengalami penonjolan kedalam kanalis spinalis. Istilah awam dinamakan saraf kejepit. Salah satu faktor risiko HNP adalah pekerjaan, seperti terlalu sering mengangkat beban berat, sehingga menyebabkan tekanan pada tulang belakang dan menyebabkan penonjolan nukleus pulposus.

Gejala:

HNP paling sering terjadi di daerah lumbal (tulang belakang bagian bawah), tersering di L3-L5. Gejala yang muncul berupa nyeri kronik dan biasanya hebat pada lokasi penjepitan saraf, kesemutan/baal, nyeri dapat menjalar ke paha/kaki, gangguan buang air kecil/disfungsi seksual, sampai kelemahan anggota tubuh/kelumpuhan. Nyeri biasanya dipicu oleh perubahan posisi tubuh, membungkuk, batuk, mengejan, mengangkat beban, atau suhu dingin.

Terapi:

HNP (Hernia Nucleosus Pulposus) atau saraf terjepit perlu ditangani secara serius karena jika tidak ditangani secara serius maka dapat mengakibatkan komplikasi yang tidak diinginkan.

Terapi konservatifBed rest 3-6 minggu + obat anti nyeriPasien harus tidur di atas kasur yang keras, berlapis papan di bawahnya supaya kasur tidak melengkung selama beberapa minggu sampai 3 bulan.FisioterapiBila nyeri dan keluhan subyektif menghilang, maka mobilisasi dapat dilakukan lambat laun untuk kemudian dbantu dengan ‘braces’, ‘corset’ atau ‘belt’Terapi operatif:Operasi bertujuan untuk menghilangkan penekanan dan iritasi pada saraf sehingga nyeri dan gangguan fungsi akan hilang.Harus dilakukan terutama jika sudah ada kelainan neurologik yang semakin memburukJika Anda mengalami HNP, segera konsultasi dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh. 

Demikian informasi seputar Seputar HNP yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.              

0 Komentar

Belum ada komentar