Sukses

Pusing, Sesak Napas, Mudah Lelah
30 Apr 2019, 16:04 WIB
Pria, 30 tahun.

Selamat sore dok... Saya mau bertanya sudah 3 hari ini saya mengalami hal yg blm pernah saya rasakan seperti:kepala pusing... Melayang2....sesak napas... Mudah lelah.. Tapi setelah saya minum obat penambahbdarah saya berasa sehat tapi hnya sementara saja... Apakah ini penyakit darah rendah atw kurang darah dok??? Apa ad obat yg harus saya minum agar saya bisa sehat kembali sedia kala... Mohon penjelasan nya dok terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Pusing, Sesak Napas, Mudah Lelah.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Keluhan yang Anda utarakan kemungkinan akibat hipoglikemia, hipotensi, atau anemia.

Hipoglikemia merupakan suatu kondisi dimana cadangan gula (sebagai sumber energi) dalam tubuh berkurang atau tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan seluruh tubuh. Keadaan ini dapat menyebabkan hipotensi, yaitu tekanan darah menjadi rendah.

Hipotensi atau tekanan darah rendah tidak dianggap sebagai kondisi yang tidak mematikan, namun jika orang mengalami tekanan darah rendah ini beberapa gejala yang timbul adalah pusing, pingsan, kelelahan, gangguan tidur, kecemasan, tangan dingin, penglihatan kabur, dll. Tekanan darah rendah dapat disebabkan oleh berbagai faktor lain, seperti dehidrasi darah ringan atau berat, kurang minum, kurang tidur, haid yang tidak normal, peradangan pada organ-organ tubuh seperti pankreatitis akut, kelemahan pada otot jantung yang lambat, bahkan beberapa asupan obat tertentu dapat menimbulkan kondisi ini.

Beberapa gejala orang yang mengalami darah rendah / hipotensi, adalah:

Mudah pusing dan mengeluarkan keringat dingin bahkan sampai pingsan

Sering menguap, mudah mengantuk dan  ketika sudah tertidur susah untuk bangun tidur (merasa terus masih mengantuk, dan berat rasanya untuk bangun)

Mata kabur secara tiba-tiba dan terasa berkunang-kunang / terasa kesmutan di mata.

Mudah merasa capek, lelah dan badan terasa selalu lemas

Anemia atau dalam bahasa awam disebut dengan kurang darah adalah kondisi di mana kadar Hemoglobin (Hb) di dalam darah rendah. Hemoglobin diperlukan untuk menghantar oksigen ke seluruh tubuh. Kadar Hemoglobin seseorang dapat diketahui melalui pemeriksaan fisik dan pemeriksaan darah (laboratorium).

Derajat anemia dikategorikan sebagai berikut:

  • Anemia ringan yaitu kadar Hb antara 9,5-13 g/dL
  • Anemia sedang yaitu kadar Hb antara 8-9,5 g/dL
  • Anemia berat yaitu kadar Hb di bawah 8 g/dL

Anemia dapat terjadi bila tubuh tidak cukup memproduksi sel darah merah, bila terjadi perdarahan, dan bila tubuh menghancurkan sel darah merah. Penyebab anemia bermacam-macam, yaitu:

  • Kurang mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi, asam folat dan vitamin B12.
  • Mengalami penyakit kronis seperti kanker, HIV/AIDS, Tuberkulosis, autoimun, penyakit ginjal dan penyakit kronis lainnya.
  • Anemia aplastik, di mana tubuh tidak memproduksi sel darah merah dengan cukup.
  • Anemia akibat kelainan darah seperti leukemia dan myelofibrosis.
  • Anemia hemolitik, di mana penghancuran sel darah merah lebih cepat dari waktu produksi.
  • Anemia sel sabit yang merupakan penyakit bawaan.
  • Talasemia dan anemia akibat infeksi malaria.

Tanda dan gejala dari penyakit ini sangat bervariasi, tergantung dari penyebab yang mendasari dan seberapa besar keparahannya. Lelah, lemah, letih, lesu, pusing, wajah pucat, telinga berdenging, mata berkunang kunang, kaki terasa dingin, sesak napas, dan dispepsia adalah beberapa gejala anemia pada umumnya.

Untuk memastikan kondisi Anda, sebaiknya memeriksakan diri kepada dokter terdekat untuk dicari penyebab lainnya dan solusi apa yang paling tepat untuk dilakukan.

Untuk menambah wawasan Anda, kami sertakan artikel berikut:

5 Jenis Makanan Ini Ampuh Mengatasi Badan Lemas

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Pusing, Sesak Napas, Mudah Lelah. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar