Sukses

Nyeri Sendi Jari
30 Apr 2019, 11:37 WIB
Pria, 35 tahun.

DokJempol kiri saya terasa nyeri sendinya ketika posisi lurus kmd utk menekan tutup kaleng makanan misalnya atau saat ditekuk kmd utk menekan tutup kaleng makanan misalnya.klo lurus/ditekuk g utk menekan tak nyeri.sptnya penyebabnya adalah persneling sepeda mtb sy yg ada di stang yg agak berat jika di pindah gigi dr gigi sedang ke paling besar dengan jempol yg (hrs) lurus posisinya saat mengeser tuas perseneling nya ny.krn sy tak jatuh atau cedera apapun sblmnya.sdh di beri anti nyeri oleh dokter tak sembuh kira cara menyembuhkn ny bagaimana ya?sy sdh mengurangi pindah persneling sepeda namun tak sembuh2 dan sakitny g berkurang tp sama saja.thx

Terima kasih Anda telah bertanya seputar nyeri sendi jari melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pada umumnya nyeri sendi jari-jari tangan diakibatkan oleh penyakit rhematoid arthritis. Meski demikian, tidak semua nyeri sendi jari-jari dan pergelangan tangan selalu akibat penyakit rematik.

Sejak kapan Anda merasakan keluhan tersebut? Kapan Anda merasakan keluhan tersebut, apakah hanya pagi hari ketika bangun tidur? Adakah nyeri di sendi jari-jari yang lain? Sangat disayangkan keluhan yang Anda sampaikan kurang lengkap. Namun, kami mengira keluhan Anda dapat disebabkan oleh Rheumatoid Artritis (RA) atau orang awam sering menyebutnya dengan rematik.

Rheumatoid Artritis (RA) salah satu dari beberapa penyakit rematik adalah suatu penyakit peradangan bagian dalam kapsul sendi karena adanya antibodi abnormal yang justru menyerang bagian tubuh sendiri, yakni kapsul sendi. Dengan berjalannya waktu, dapat terjadi erosi tulang, destruksi (kehancuran) rawan sendi dan kerusakan total sendi. Akhirnya, kondisi ini dapat pula mengenai berbagai organ tubuh.

Penyakit ini timbul akibat dari banyak faktor mulai dari genetik (keturunan) sampai pada gaya hidup kita (merokok). Salah satu teori nya adalah akibat dari sel darah putih yang berpindah dari aliran darah ke membran yang berada disekitar sendi.

Gejala dan tanda dari RA adalah sebagai berikut :

Nyeri sendiPembengkakan sendiNyeri sendi bila disentuh atau di tekanTangan kemerahanLemasKekakuan pada pagi hari yang bertahan sekitar 30 menitDemamBerat badan turunRA biasanya menyebabkan masalah dibeberapa sendi dalam waktu yang sama. Penyakit ini kerap menyerang sendi-sendi jari-jari dan pergelangan tangan atau kaki. Biasanya penyakit ini menyerang lebih dari tiga sendi dan mengenai kedua tangan atau kaki secara simetris pada waktu yang bersamaan. Jarang sekali penyakit ini mengakibatkan nyeri pada satu sendi saja. Pada tahap awal biasanya mengenai sendi-sendi kecil seperti, pergelangan tangan, tangan, pergelangan kaki, dan kaki. Dalam perjalanan penyakitnya, selanjutnya akan mengenai sendi bahu, siku, lutut, panggul, rahang dan leher.

Pengobatan pada AR adalah mengurangi peradangan sendi untuk mengurangi nyeri dan mencegah atau memperlambat kerusakan sendi. Kami menganjurkan Anda diperiksa langsung oleh dokter untuk memastikan penyakit dan memulai pengobatannya.

Demikian yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar