Sukses

Telinga Tersumbat dan Berdenging
29 Apr 2019, 13:02 WIB
Pria, 28 tahun.

Pagi dok,ini kuping saya merasa tersumbat.dan saya membaca di internet,disarankan untu tarik napas dan tutup hidung.kemudian kuping saya berbunyi "nging" seperti kue putu.itu kenapa ya dok.terima kasih.

Terimakasih sudah bertanya seputar masalah telinga tersumbat dan berdenging dengan menggunakan fitur Tanya Dokter dari Klikdokter.com

Keluhan telinga penuh dan terasa tersumbat dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, antara lain:

1.perubahan tekanan yang di alami karena ketinggian yang berbeda (misalnya naik pesawat, naik ke puncak bukit, dll).

2. Penyebab tersering lainnya adalah disebabkan karena sumbatan kotoran telinga yang menumpuk.

3. kemasukan air setelah mandi atau berenang. Air dapat menyebabkan kotoran telinga (serumen) yang bersifat higroskopis (menarik air) menjadi mengembang dan dapat menekan bagian dalam telinga dan menimbulkan rasa nyeri.

4. Terlalu sering membersihkan telinga dengan cotton bud juga dikhawatirkan malah akan mendorong kotoran semakin masuk ke dalam, atau ada bagian dari cotton bud yang tertinggal di dalam telinga.

Adakah keluhan batuk pilek dan demam sebelumnya?

Jika ada, kemungkinan gangguan yang Anda alami adalah gangguan fungsi tuba eustachius. Tuba Eustachius adalah saluran yang menghubungkan telinga tengah dengan kerongkongan. Fungsi Tuba ini sebagai ventilasi, pengeluaran cairan dari telinga tengah, dan mencegah masuknya cairan masuk dari kerongkongan ke telinga tengah.Tuba biasanya dalam keadaan tertutup dan baruterbua apabila oksigen diperlukan masuk ke telinga tengah atau pada saat mengunyah, menelan dan menguap.

Gangguan fungsi Tuba dapat terjadi oleh beberapa hal, seperti tuba terbuka terbuka abnormal, gangguan otot tuba, bibir sumbing berat, dan sumbatan pada Tuba. Pada kondisi Anda, kami berasumsi gangguan fungsi tuba disebabkan karena adanya sumbatan pada tuba.

Sumbatan pada tuba dapat terjadi oleh berbagai kondisi, seperti peradangan di daerah leher atau oleh tumor. Gejala awal timbul pada penyumbatan tuba adalah terbentuknya cairan pada telinga tengah. Keluhan biasanya berupa rasa penuh ditelinga, gema suara sendiri terasa lebih keras, perasaan ada air dalam telinga, suara mendesis, hingga berkurangnya pendengaran pada telinga dengan tuba yang terganggu.

Telinga berdenging

Telinga berdenging atau dalam bahasa medis dikenal dengan "Tinitus" disebabkan oleh banyak faktor, diantaranya adalah: adanya sumbatan telinga, gangguan telinga (ketulian) akibat suara, atau kelainan pembuluh darah telinga. Pengobatannya tentu disesuaikan dengan penyebab yang mendasari tinitus. Oleh karena itu, terapi untuk anda tentu harus disesuaikan dengan kasus yang anda alami, dimana memerlukan pemeriksaan langsung.

Untuk sementara ini Tidak disarankan untuk mengorek-ngorek telinga dengan alat apapun karena ditakutkan dapat menimbulkan kerusakan pada organ telinga baik perlukaan pada liang telinga atau pecahnya gendang telinga, dan gangguan lainnya. Selain itu dengan tindakan tersebut bisa saja mendorong kotoran telinga yang mengeras menjadi lebih kedalam sehingga menyebabkan perburukan gejala yang Anda alami.

Kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter THT untuk pemeriksaan lebih lanjut, karena bisa jadi hal ini merupakan gejala dari kelainan yang memerlukan penangaanan medis.

Demikian informasi yang dapat diberikan seputar telinga tersumbat dan berdenging, semoga bermanfaat. Salam sehat. 

0 Komentar

Belum ada komentar