Sukses

Keringat berlebih, tanda penyakit apa?

29 Apr 2019, 12:42 WIB
Wanita, 23 tahun.

Siang dok, saya mau tanya. Saya ini mudah sekali berkeringat meskipun tidak melakukan aktivitas berat, bahkan hanya minum segelas air putih pun saya bisa langsung berkeringat dan keringat yg dikeluarkan itu banyak. Apakah itu ciri dari suatu penyakit? Terimakasih, dok.

Terima kasih telah bertanya seputar keringat berlebih menggunakan fitur Tanya Dokter.

Secara umum, tangan, kaki, dan ketiak lebih mudah berkeringat dibandingkan kulit yang lainnya, yang berkaitan dengan fakta bahwa kulit pada telapak tangan dan kaki lebih tebal sehingga kelenjar keringat juga lebih banyak. Tangan dan kaki juga adalah bagian yang sering melakukan aktivitas sehingga lebih mudah berkeringat.

Pada ketiak juga demikian, walaupun tidak setebal kulit pada telapak tangan dan kaki, ketiak memiliki banyak kelenjar keringat dan sangat mudah berkeringat.

Keringat berlebih, atau juga dikenal dengan istilah hiperhidrosis, dapat terjadi dalam 3 bentuk, yakni diinduksi oleh emosi (umumnya terdapat pada telapak tangan, telapak kaki, dan ketiak), lokal, atau umum. Hiperhidrosis sendiri terbagi menjadi 3 yaitu:

Hiperhidrosis fokal primer yaitu kondisi dimana keringat berlebih terjadi pada area tertentu dari tubuh (fokal) di kedua sisi tubuh (umumnya). Lokasi yang sering adalah telapak tangan dan kaki, lengan, kepala, dan wajah.Hiperhidrosis Idiopatik Generalisasi yaitu kondisi dimana seluruh area tubuh mengeluarkan keringat berlebih.Hiperhidrosis Sekunder Generalisasi yaitu kondisi keringat berlebih yang dipengaruhi oleh penyakit lain atau kondisi lain seperti menopause, hipertiroid, diabetes melitus (neuropati perifer), atau stroke. Obat-obatan seperti antihipertensi dan antidepresi juga dapat menyebabkan hiperhidrosis. Keringat berlebih juga melibatkan area yang luas di tubuh dan dapat muncul ketika tidur.

Karena kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak hal, kami sarankan agar anda dapat mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan secara lengkap guna mengetahui diagnosis serta terapi yang tepat.

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai keringat berlebih. Semoga bermanfaat. Salam

 

0 Komentar

Belum ada komentar