Sukses

Penyebab Mimisan Setelah Bangun Tidur

29 Apr 2019, 08:54 WIB
Wanita, 27 tahun.

Hallo Dok, Sy mau tanya apa ini adlh pnyakit serius apa tdk. Pagi ini jam 5 pagi, ketika saya tidur tiba2 sy terbangun dan mimisan yg sgt banyak dan deras, saya shock krn tdk pernah mimisan sebelumnya. Dan spertinya darah pun megalir dr dlm hidung ke mulut, krn dr mulut pun keluar darah. Dan terakhir kluar pula sperti darah yg kental. Tp saya tdk ada demam, pusing, batuk, pilek, smua kondisi normal. tapi memang sy bbrapa hr merasa sakit tenggorokan saja dan ada benjolan d leher kanan, sy pikir itu hanya radang atau panas dalam saja. Apakah ada hubungannya dgn mimisan? Terima kasih dok.

dr. Reza Fahlevi

Dijawab Oleh:

dr. Reza Fahlevi

Terima kasih karena Anda telah bertanya mengenai mimisan saat bangun tidur melalui Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran anda.

Mimisan atau yang dikenal sebagai epistaksis dalam bahasa kedokteran adalah perdarahan dari hidung akibat pecahnya pembuluh darah di dalam hidung yang sering ditemukan sehari-hari, dan hampir sebagian besar dapat berhenti sendiri.

Berbagai penyebab mimisan dibagi menjadi 2 bagian besar yaitu lokal dan sistemik. Penyebab lokal yang tersering adalah luka pada lapisan dalam hidung, infeksi, tumor  dan kelainan bawaan. Luka sering kelali terjadi karena kebiasaan mencongkel, mengucek, dan bersin terlau keras,

Penyebab lainnya adalah kelainan sitemik, seperti pada saat mengalami demam berdarah, kelainan pembekuan darah seperti hemofili, kelainan pembuluh darah, kelainan trombosis, penyakit jantung, kelainan darah, infeksi, hipertensi, perubahan tekanan atmosfer dan gangguan endokrin. .

Untuk memastikan apakah gejala ini berkaitan dengan gangguan kesehatan yang lebih serius, kami sarankan suami Anda untuk berkonsultasi langsung dengan dokter THT untuk pemeriksaan lengkap dan penanganan optimal segera, terlebih jika suami Anda cukup sering mengalaminya.

Berikut adalah penanganan segera jika terjadi mimisan :

Memencet hidung selama 5-30 menit tanpa interupsi agar perdarahan terkontrol, biasanya 5-10 menit sudah cukup.Menjaga agar kepala agar tidak menunduk. Posisi kepala dianjurkan agar sedikit mendongak (hanya sedikit saja) namun jangan berlebihan agar darah tidak masuk ke saluran napas.Jika dalam 30 menit mimisan tidak juga berhenti maka sebaiknya Anda segera memeriksakan diri dokter.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai mimisan saat bangun tidur. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar