Sukses

Sakit Gigi Depan Sebabkan Bibir Bengkak
26 Apr 2019, 10:41 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, saya mau bertanya Gigi depan saya nyeri sekali sehingga menyebabkan bibir bagian atas menjadi bengkak. Lalu di area hidunh dan pipi kiri serasa bengkak juga dok. Kalau di tekan rasanya sakit. Kebetulan saya menggunakan behel dok. Apakah hanya sakit gigi biasa atau bagaimana ya dok? Terimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar sakit gigi depan sebabkan bibir bengkak melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan anda, sakit gigi sampai menyebabkan bibir bengkak, dan hidung pipi terasa bengkak juga bukanlah sakit gigi biasa. Sebelumnya kami ingin bertanya Apakah pada gigi depan ada tambalan gigi yang sudah lama atau gigi depan berlubang? Jika iya dugaan kami anda mengalami abses pada gigi depan. Penyebabnya bisa karena tambalan lama yang boro atau adanya gigi berlubang yang tidak ditambal.

Gigi berlubang atau karies gigi yang tidak ditangani, akan menyebabkan aktifitas karies gigi terus berlanjut dan meluas bahkan hingga mencapai pulpa (ruangan saraf dan pembuluh darah pada gigi). Apabila gigi tersebut tidak mendapatkan perawatan yang seharusnya, maka akan terjadi kematian pulpa gigi. Kondisi seperti ini dapat menjadi sumber infeksi dan lubang tempat masuknya saraf dan pembuluh darah dari tulang ke gigi yang terdapat pada ujung akar gigi, dapat bertindak sebagai "point of entry" atau tempat menyebarnya bakteri dari gigi ke jaringan penyangga gigi (yaitu gusi, sementum, ligamentum periodontal, maupun tulang).

Infeksi yang berawal dari kerusakan gigi memiliki kecenderungan untuk menyebar dan mencari jalan dengan hambatan terkecil. Sehingga penyebaran infeksi melalui jaringan lunak setempat, yaitu gusi, merupakan rute penyebaran infeksi yang umum dijumpai. Gusi yang berada di daerah gigi atas mengalami kerusakan akibat karies sehingga terjadi pembengkakan. Dalam kasus anda, pembengkakan gusi atas tersebut meluas hingga ke bibir. Mungkin fenomena inilah yang terjadi pada Anda. Sebaiknya periksakan segera keadaan yang Anda alami ini untuk mencegah resiko kerusakan jaringan yang lebih parah dan mendapatkan terapi yang tepat.

Mengingat penyebab pembengkakan tersebut adalah bakteri, maka sebagai tahap awal perawatan, dibutuhkan terapi antibiotik disertai antiradang untuk menghentikan proses infeksi yang terjadi. Apabila pembengkakan tersebut telah menghilang, maka dokter dapat melanjutkan perawatan terhadap gigi yang bersangkutan. Gigi tersebut dapat dipertahankan melalui perawatan endodontik (perawatan saluran akar), atau dilakukan pencabutan. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, di antaranya adalah sisa jaringan gigi yang sehat, maupun besarnya perluasan infeksi pada jaringan penyangga gigi yang dapat dilihat dari hasil pemeriksaan radiografi.

Baca artikel berikut terkait pertanyaan anda :

Cara Mudah dan Cepat Atasi Sakit Gigi

- Pertolongan Pertama Saat Sakit Gigi Menyerang

- Ini Dia 5 Cara Mengurangi Nyeri Sakit Gigi

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai sakit gigi depan sebabkan bibir bengkak, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar