Sukses

Menangani Hipertensi
25 Apr 2019, 16:58 WIB
Pria, 35 tahun.

Selamat siang Dok. Mohon penjelasannya 1. Mertua saya umur 65 tahun golongan darah A. Beliau menderita darah tinggi. Apakah benar orang yang menderita darah tinggi dilarang naik pesawat terbang ? 2. Jika terpaksa harus naik pesawat terbang, apakah yang harus dipersiapkan ? 3. Sebenarnya apakah pantangan bagi penderita darah tinggi. Baik makanan, minuman , dan kegiatan ? Terimakasih sebelumnya.

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya tentang mengatasi hipertensi melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Memang ada pendapat yang menyatakan bahwa perubahan tekanan ketika berada di udara bisa menyebabkan pecahnya pembuluh darah pada penderita darah tinggi. Namun hal ini sulit digeneralisir dan cukup jarang terjadi, sehingga pendapat ini masih harus dibuktikan lebih lanjut dengan penelitian. Namun, bila memang ayah Anda menderita hipertensi dan ingin naik pesawat, ayah Anda cukup mengonsumsi obat darah tinggi. Setelah mengonsumsi obat, tentunya tekanan darah ayah Anda akan turun menuju normal.

Obat penurun tekanan darah memang efektif untuk menurunkannya, namun untuk pemeliharaan jangka panjang, dibutuhkan perawatan yang lebih daripada itu.

Darah tinggi atau hipertensi dapat dikontrol dengan melakukan perubahan gaya hidup sehat, seperti pengaturan pola makan dan olahraga. Jika masih belum berhasil, barulah digunakan obat-obatan penurun tekanan darah.

Ayah Anda dapat melakukan olahraga ringan seperti jogging, berenang, dan bersepeda. Namun hal tersebut harus dilakukan secara rutin, mninimal 3 kali seminggu, cukup 30-60 menit setiap kalinya.

Apa yang kita makan dapat mempengaruhi tekanan darah kita. Penelitian-penelitian ilmiah telah membuktikan hal tersebut. National Institutes of Health telah meneliti bahwa konsumsi makanan dapat berpengaruh terhadap penurunan maupun peningkatan tekanan darah. Jauh sebelumnya kita telah mengetahui bahwa diet dengan kadar sodium (garam) yang rendah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Lebih jauh lagi, panduan diet yang menspesifikasikan bahan makanan tertentu telah dianjurkan untuk dapat menurunkan dan mengontrol tekanan darah. Panduan diet tersebut disebut dengan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension = Panduan Diet Untuk Mengendalikan Hipertensi).

DASH merupakan panduan diet hipertensi yang mencakup makanan-makanan dengan kadar lemak jenuh, kolesterol, dan lemak total yang rendah serta kaya akan magnesium, kalium, kalsium, protein dan serat. Panduan diet hipertensi DASH menekankan konsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan produk olahan susu yang rendah lemak. DASH menganjurkan konsumsi ikan, unggas, produk olahan gandum dan kacang-kacangan. Makanan-makanan seperti daging merah, makanan manis, dan minuman-minuman yang mengandung gula dikurangi.

Dengan mengurangi jumlah asupan sodium (garam) dan menjalankan panduan diet hipertensi DASH diharapkan dapat menurunkan level tekanan darah serta mengontrol perkembangan penyakit hipertensi. 

Dalam panduan diet hipertensi DASH, kadar sodium (garam) yang direkomendasikan untuk dikonsumsi per hari adalah 1500-2400 mg atau 4-6 gram atau 2/3 hingga 1 sendok teh setiap hari dari seluruh makanan yang dikonsumsi.

Jika dengan cara di atas darah tinggi masih belum dapat terkontrol, dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan obat hipertensi yang sesuai dengan keadaan. 

Berikut informasi yang dapat menambah pengetahuan Anda:

Hipertensi

Demikian informasi ini kami sampaikan terkait mengatasi hipertensi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar