Sukses

Batuk pada Bayi

25 Apr 2019, 16:58 WIB
Pria, 20 tahun.

Siang dok, saya mau tanya anak saya baru 7bulan dan dia sakit batuk tp batuk nya keluar dahak udh berbagai mcam obat tp tidak mempan

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah menanyakan tentang mengatasi batuk pada bayi menggunakan fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Salam kami untuk kedua buah hati Anda.

Batuk dan pilek pada bayi, pada umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Infeksi virus akan sembuh sendiri (self limiting disease) dan umumnya akan berlangsung antara 3-14 hari tergantung daya tahan tubuh anak dan tergantung ada tidaknya penderita flu di rumah atau orang yang sering berkontak dengan anak. Jika memang ada penderita flu di sekelilingnya, maka anak akan sangat potensial untuk sering mengalami batuk-pilek. Kemungkinan kedua penyebab batuk pilek pada bayi adalah alergi.

Menghirup uap panas juga banyak membantu saat mengalami batuk dan pilek sehingga terasa lebih nyaman. Anda juga dapat mengoleskan minyak kayu putih atau minyak telon pada dada bayi Anda sehingga bayi terasa lebih nyaman dan hangat. Jika terdapat dahak, yang paling dibutuhkan adalah cairan (ASI) untuk mengencerkan dahak. Agar ingus tidak kental, Anda dapat memberikan air garam steril sebagai tetes hidung. Jagalah lingkungan agar tetap lembab dan jangan sering menggunakan ruangan berAC (kering).

Untuk mencegah agar anak tidak sering batuk-pilek maka seringlah cuci tangan sebelum menggendong anak, hindari anak berkontak dengan penderita flu, dan jaga kebersihan di rumah. Hal ini penting karena, ya, memang anak dapat tertular batuk dan pilek dari Ibu maupun pengasuh maupun orang sering dekat dengannya. Apabila anak mengalami sesak napas, kebiruan, luar biasa rewel, dan demam lebih dari 72 jam, atau jika batuk kering bayi Anda tidak juga kunjung sembuh maka segeralah menghubungi dokter.

Mengingat si kecil sudah memperoleh obat dari dokter, namun tidak ada perbaikan, kami menyarankan agar si kecil kembali kontrol kondisinya pada dokter yang sebelumnya memberikan obat. Dengan begitu dokter dapat mengevaluasi pengobatan, yaitu menggantinya atau menambahkan obat yang lain.

Demikian informasi tentang mengatasi batuk pada bayi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar