Sukses

Mengatasi Insomnia Akibat Trauma Masa Lalu

24 Apr 2019, 06:21 WIB
Pria, 19 tahun.

Hallo dokter saya ingin bertanya, saya memiliki tanggungan sebuah masa lalu dan sampai saat ini bisa disebut jarang orang lain merasakan, saya tumbuh besar disebuah lingkup keluarga yang seharusnya saat umur saya masih di bawah 10 tahun tidak saya alami untuk dilihat oleh mata & kepala saya, hal itu membuat saya menjadi penderita insomnia akut yang mana sulit sekali untuk tertidur dimalah hari, dulu saya sempat mengonsumsi obat obatan jenis benzodiazepine untuk menenangkan fikiran saya oleh hal hal itu ditambah sekarang saya banyak tanggungan didunia perkuliahan dan pekerjaan. menurut dokter adakah therapy untuk merubah pola hidup saya menjadi pola hidup yang sehat, saya pernah untuk menahan tidur selama 1 hari full untuk bisa tidur dimalam hari tetapi hal itu sia sia malah saya jadi tidak tidur selama 2 hari.

Terimakasih telah bertanya tentang insomnia melalui fitur Tanya Dokter.

Kami turut prihatin akan kondisi yang Anda alami. Tentunya trauma di masa lalu yang dirasakan sangat traumatik hingga terbawa sampai sekarang.

Apakah Anda sudah pernah berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater? Pada dasarnya, Anda perlu 'menumpahkan' perasaan kepada seseorang yang bisa dipercaya, yang mampu mendengar tanpa menghakimi dan juga memberikan anjuran yang tepat. Psikolog dan psikiater telah terlatih untuk itu. Obat-obatan seperti yang Anda sebutkan memang membantu, tapi yang lebih membantu adalah dengan psikoterapi, yang biasanya merupakan kombinasi terapi perilaku (behavioral therapy) dan juga gaya hidup yang sehat.

Gaya hidup yang sehat tidak hanya mencakup pola makan tidur yang baik tapi juga bagaimana Anda mampu mengelola stres serta selalu menyediakan waktu untuk 'menghibur' diri misalnya dengan bepergian bersama orang-orang yang Anda rasa nyaman atau sekedar nongkrong/ngobrol bersama mereka. Pada intinya, lakukan hal-hal yang bisa mengalihkan perhatian Anda dari pikiran-pikiran negatif sesering mungkin.

Selain cara-cara ini, berikut yang bisa Anda lakukan di rumah.

  1. Hindari konsumsi minuman yang mengandung kafein saat sore hingga malam hari.
  2. Biasakan diri untuk berolahraga teratur, tidak merokok, hindari konsumsi alkohol, narkotik.
  3. Cobalah mengatur pola tidur.
  4. Bangun dan tidur pada waktu yang sama setiap harinya, bahkan ketika hari libur.
  5. Buatlah suasana yang efektif dan efisien untuk tidur.
  6. Buat diri senyaman mungkin untuk tidur, seperti dengan penggunaan lampu tidur, penutup mata, menghindari suara bising, televisi, dsb. Tidur di ruangan gelap lebih baik daripada ruangan terang.
  7. Hindari penggunaan obat tidur, terutama tanpa anjuran dokter.
  8. Obat tidur hanya efektif untuk sementara dan penggunaan yang berlebihan justru akan membuat penurunan efektivitas obat tersebut. Terapi terbaik adalah dengan mengatasi penyebabnya, bukan gejala. Selama penyebab yang mendasari masih ada, Anda akan terus mengalami gangguan tidur.
  9. Relaksasi.
  10. Buat diri serileks mungkin, seperti dengan meditasi atau yoga.
  11. Berpikir positif.
  12. Jika memiliki masalah psikologis, cobalah untuk menerima dan menghadapinya.

Kami sertakan pula artikel berikut untuk Anda baca:

Bila kondisi ini terus berlanjut, sebaiknya Anda berkonsultasi pula dengan psikolog atau psikiater untuk dievaluasi apa penyebab insomnia. Dengan mengetahui penyebab sesungguhnya, penanganan akan lebih terarah dan tepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar gangguan tidur. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar