Sukses

Hasil Medical Check Up: Hepatitis

24 Apr 2019, 05:31 WIB
Wanita, 18 tahun.

Permisi dok saya mau tanya. Teman saya baru saja mengikuti medical check up, dan hasilnya dia terkena hepatitis namun belum tahu pasti hepatitis jenis apa. Apakah bisa sembuh dok? Karena selama ini dia tidak merasakan gejala apa2 dok. Terimakasih.

Terimakasih telah bertanya seputar hepatitis melalui fitur Tanya Dokter.

Hepatitis yang diperiksa melalui medical check up umumnya Hepatitis B. Panel yang dicek yakni HBsAg. Jika terdeteksi reaktif atau positif, artinya seseorang sudah terinfeksi. Meski demikian, saat ini belum tentu status infeksinya aktif.

Untuk mengonfirmasinya, biasanya diperlukan evaluasi lanjut seperti pemeriksaan HBV-DNA, AntiHBc, dan HBeAg. Jika terdeteksi tinggi artinya virus sedang banyak-banyaknya di dalam tubuh.

Perlu diketahui bahwa Hepatitis B tidak bisa disembuhkan. Jika tidak ada perilaku berisiko seperti seks bebas tanpa pengaman atau penggunaan jarum suntik bersama (narkoba), Hepatitis B umumnya didapat melalui ibu pada saat melahirkan.

Sebaiknya teman Anda kembali berkonsultasi kepada dokter yang melakukan medical check up dan memastikan apa tipe hepatitisnya. Selanjutnya, jika memang betul ada hepatitis B silakan ke dokter penyakit dalam untuk evaluasi lebih lanjut.

Baca juga:

Apakah Hepatitis Bisa Disembuhkan?

Antara Hepatitis B dan C, Mana Lebih Berbahaya?

Tipe Hepatitis yang Paling Berbahaya

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar hepatitis. Semoga bermanfaat. (FA)

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar