Sukses

Bintik Merah Pada Anak
24 Apr 2019, 05:28 WIB
Wanita, 36 tahun.

Selamat malam dokter... mau tanya, kenapa ya anak saya yg baru 3 tahun akhir2 ini kl nangis di wajahnya (bawah dagu kiri, atas mata kiri, atas alis kiri) suka keluar bintik2 merah. Kl nangisnya lama, maka bintik merahnya semakin memerah, kl nangisnya sebentar hy samar2. Tp tempatnya tetep sama. Ditanya ke anaknya katanya tdk sakit dan beberapa hari kemudian hilang bintik2 merahnya.

Terima kasih telah bertanya seputar Bintik Merah Pada Anak menggunakan fitur Tanya Dokter di KlikDokter.com

Terdapat beberapa jenis penyakit yang mampu menimbulkan keluhan bintik-bintik merah pada kulit anak, antara lain :

 

 

1.     Campak/Rubeola

 

 

2.     Campak jerman/Rubella

 

 

3.      Roseola

 

 

Ketiga penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi virus yang akan menimbulkan keluhan awal menyerupai penyakit flu (seperti demam, batuk, pilek, dll) selama beberapa hari yang diikuti oleh munculnya ruam merah pada seluruh kulit anak. Anak yang menderita penyakit campak dan roseola biasnya akan mengalami demam yang sangat tinggi, namun tidak demikian pada penderita campak jerman. Anak dengan campak jerman hanya mengalami demam ringan selama beberapa hari, atau bahkan tidak demam. Mungkin anak anda mengalami campak jerman. Namun untuk memastikannya sebaiknya anda membawa anak anda ke dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung terhadap ruam-ruam merah yang muncul.

 

 

Ketiga penyakit tersebut sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Sehingga pengobatan yang diberikan tergantung dari keluhan yang timbul sehingga anak dapat merasa lebih baik. Disamping itu, biarkan anak mendapat istirahat yang cukup dan berikan cairan yang cukup pada anak untuk mempercepat sembuhnya penyakit.

 

 

Ketiga penyakit tersebut mudah menular, sejak sebelum ruam muncul hingga beberapa hari setelah ruam muncul. Karena itu, jauhkanlah anak anda dari anak-anak lain dan dari ibu hamil. Infeksi rubela (campak jerman) pada ibu hamil dapat menyebabkan kecacatan pada janin di dalam kandungannya.

Demikian informasi seputar Bintik Merah Pada Anak yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.              

0 Komentar

Belum ada komentar