Sukses

gizi anak dan susu formula

23 Apr 2019, 22:37 WIB
Wanita, 3 tahun.

Dok maaf mau tanya, Anak saya usia 3 tahun di 31 Mei 2019. Sekarang ini anak saya sedang tidak mau makan, dari usia 2 tahun anak saya susah makan, dan kalau makan pun hanya nasi putih, tidak mau pakai sayur. Bagaimana ya dok biar nafsu makannya bertambah. Kemuadian untuk sufor, apakah usia 3tahun itu masih membutuhkan sufor dok,? Apabila sufor itu gonta ganti apakah berpengaruh dengan pencernaan anak dok? Maaf dan terimakasih dok.

Terima kasih telah bertanya seputar gizi anak dan susu formula melalui fitur Tanya Dokter.

Memang tidak semua ibu dapat menyusui anaknya. Pada kondisi medis tertentu, kebutuhan nutrisi sang bayi terpaksa dipenuhi dengan susu formula khusus bayi. Susu formula atas indikasi medis dapat diberikan sejak dini. Namun perlu diingat bahwa pemberian susu formula terhadap bayi atas perintah dokter, dan harus dengan pemilihan susu yang tepat.

Meskipun demikian, susu formula sendiri dapat diberikan sebagai nutrisi tambahan setelah bayi selesai mendapatkan masa ASI eksklusif selama 6 bulan. Karena pada masa transisi dari makanan cair ke makanan padat, terkadang ibu dapat mengalami masalah seperti ASI yang produksinya menurun, atau bayi yang masih susah makan.Lain halnya dengan susu sapi, sebaiknya tunda pemberian susu sapi hingga anak berusia 1 tahun. Kemudian susu formula setelah usia 3 tahun sifatnya hanya asupan pendamping dari makanan padat dan bukan yang utama.

Apabila Anda ingin memberikan susu formula, maka pilihlah susu formula yang sesuai usia anak Anda. Jangan terlalu sering berganti-ganti susu formula karena akan menyebabkan gangguan pencernaan pada anak seperti muntah dan diare dikarenakan pencernaannya yang belum sempurna ataupun sering dikaitkan dengan keberadaannnya alergi pada anak anda.

Apabila Anda ingin mengganti susu formula tersebut, cobalah perlahan-lahan dengan dicampur susu yang lama. Di awal contohnya 1 takar susu lama dan 1 takar susu baru. Cobalah hal ini selama 4-7 hari. Apabila tidak ada masalah atau anak tidak memiliki keluhan, barulah mulai diganti dengan susu yang baru.

Berikut adalah beberapa artikel lain yang dapat anda baca.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar