Sukses

perut kembung dan penyebabnya
23 Apr 2019, 21:49 WIB
Pria, 31 tahun.

Siang Dok saya mau tanya, sudah 1 minggu ini perut saya kembung dan terasa sakit, sampai perut bagian bawah pun sakit. apalagi setalah minum susu di pagi hari perut langsung kembung, apakah itu asam lambung nya kambuh dok? Terimakasih.

Terima kasih telah bertanya mengenai perut kembung melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran anda. Kembung yang anda alami ini bisa terjadi karena asam lambung yang naik (gastritis) ataupun gangguan metabolisme gas dari makanan yang kita konsumsi. Saat gas itu tidak dikeluarkan, maka dapat terjadi penumpukan gas sehingga menyebabkan kembung.

Berikut ini adalah beberapa penyebab kembung lainnya.

  • Saat kita stres, maka muncul refleks dari tubuh kita dengan cara mengalihkan aliran darah dari proses pencernaan. Oleh karena itu dapat muncul gejala seperti: kembung,konstipasi,diare dan nyeri perut.
  • Beberapa jenis obat dapat menimbulkan efek samping kembung. Terutama obat yang mengandung lactulose atau sorbitol serta obat diabetes golongan akarbose pun dapat menimbulkan kembung.
  • Karena Makan Terlalu Banyak di Satu Waktu. Perut yang mendadak kembung setelah Anda makan, mungkin disebabkan oleh karena Anda mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak di waktu yang sama. Sangat disarankan untuk membiasakan makan dengan porsi sedikit dan makan dengan perlahan.
  • Karena Makan Terlalu Cepat. Bila Anda terlalu cepat makan atau minum dapat menyebabkan timbulnya gas-gas yang dapat membuat Anda kembung. Tidak dengan benar mengunyah makanan juga dapat menyebabkan Anda kembung.
  • Karena Kurang Minum (Dehidrasi). Ketika Anda kurang minum, Anda akan berisiko mengalami dehidrasi. Saat Anda dehidrasi maka dapat terjadi retensi air (penyimpanan air). Retensi air ini yang dapat membuat Anda kembung, bila keadaan ini terjadi, merupakan tanda bahwa Anda harus mengkonsumsi banyak air, namun ingat untuk menghindari minuman bersoda.
  • Karena Salah Makanan. Beberapa jenis makanan mengandung banyak gas, seperti brokoli, kol, apel dan alpukat disebutkan dapat menyebabkan kembung. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin, juga dapat menyebabkan retensi air yang dapat membuat perasaan bengkak. Bila Anda menderita intolerensi laktat dan Anda mengkonsumsi makanan/minuman yang terbuat dari susu, dapat juga menimbulkan perasaan kembung, jadi sebaiknya dihindari.

Bila perasaan kembung Anda berlanjut hingga lama, coba lakukan pemeriksaan ke dokter untuk diperiksa secara langsung.

Berikut artikel lain yang bisa menjadi referensi lain anda.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar