Sukses

Nyeri dada, berdebar dan sesak

22 Apr 2019, 17:46 WIB
Wanita, 21 tahun.

Malam dok, denyut jantung saya sering tak teratur, kadang cepat dan terasa sesak, pernah saat bangun pagi terasa sakit seperti di tusuk. Saya juga mudah lelalh dok, kalau kecapekan pergelangan kaki saya sering bengkak, dan saya lihat ujung2 jari saya, berwarna biru, punggung dan leher saya juga sering terasa sakit, kepala saya juga sering sakit, dan terkadang sampai muntah. Mohon penjelasannya dok? Apa jantung saya bermasalah?

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri dada, dada berdebar dan sesak.

Kami memahami kekhawatiran anda. Nyeri dada adalah sensasi nyeri atau rasa tertekan yang berasal dari daerah dada. Lokasi nyeri dada tertentu menunjukkan penyebab nyeri dada yang berbeda pula. Nyeri pada bagian kiri dada yang menjalar ke tangan kiri, dapat mengarahkan nyeri dada yang berasal dari jantung. Sedangkan nyeri yang berada di tengah dada atau yang menjalar dari ulu hati ke leher dapat menjadi tanda dari penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD).

Umumnya, saat mengalami serangan nyeri dada, orang akan langsung mengaitkannya dengan penyakit jantung. Namun, tidak semua nyeri dada disebabkan karena penyakit yang satu ini.

Beberapa penyebab nyeri dada lainnya antara lain:

  • penyakit gastroesophageal reflux disease (GERD) atau penyakit asam lambung dan nyeri ulu hati
  • peradangan pada tulang rawan yang menghubungkan tulang dada dan tulang rusuk
  • Infeksi paru
  • disfagia
  • mastitis
  • batu empedu
  • cedera pada otot dada

Gejala nyeri dada berbeda-beda tergantung dari organ penyebab nyeri dada tersebut. Nyeri dada yang perlu mendapatkan perhatian khusus adalah nyeri dada akibat penyempitan pembuluh darah jantung. Pada nyeri dada ini, seorang akan mengeluhkan adanya nyeri dada sebelah kiri yang disertai gejala keringat dingin dan sesak nafas.

Nyeri dada akibat GERD akan menyebabkan keluhan nyeri dada daerah ulu hati. Rasa nyeri biasanya timbul pada malam hari saat berbaring dan membaik dengan pemberian obat penurun asam lambung.

Nyeri dada atau dada berdebar sebaiknya tidak diabaikan, karena bisa saja menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan yang lebih serius. Bila serangan nyeri terus terjadi dan tak kunjung membaik, sebaiknya Anda menemui dokter untuk mengetahui penyebab dan cara mengatasinya.

Berikut kami sampaikan artikel lain yang dapat menjadi referensi lain anda.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar