Sukses

1 tahun belum hamil
22 Apr 2019, 15:33 WIB
Wanita, 23 tahun.

Halo dok, saya mau tanya, saya sudah menikah dan rutin HB karena ingin punya momongan karena sudah hampir satu tahun belum kunjung hamil. selama ini mens saya lancar dan tidak pernah sampai sakit yg tidak wajar, tapi di bulan ini menstruasi saya 2 minggu lebih cepat. Dan perut bawah kanan saya agak nyutnyutan sedikit seperti sedang mens tp masih wajar sih sakitnya. Saya coba tespek ternyata negative. Apakah ini hormon ? Atau kehamilan yg belum bisa terdetect alat tespek? Atau ini disebabkan karena olahraga ? Karena selama ini saya jarang olahraga dan baru rutin olahraga zumba di bulan ini.

Terima kasih telah bertanya tentang Program Hamil menggunakan layanan e-Konsultasi Tanya Dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Sebelumnya, tidak berhubungan hasil testpack negatif dengan olahraga rutin. meskipun begitu olahraga rutin tetap kami sarankan karena jika anda mengalami obesitas atau kegemukan ada dampak lain pada proses kehamilan.

Menurut penelitian, sedikitnya hanya sekitar 85% pasangan suami istri yang akan hamil dalam satu tahun pertama pernikahan dan 92% pada tahun kedua pernikahan. Seseorang baru dapat dikatakan memiliki masalah infertilitas primer (gangguan kesuburan) apabila telah memenuhi kriteria berikut, yaitu : belum memiliki keturunan setelah 1 tahun berhubungan seksual teratur (2-3x/minggu) tanpa menggunakan kontrasepsi. Izinkan kami menjelaskan tentang bagaimana tips mendapatkan momongan.

Untuk mendapatkan keturunan, Anda sebaiknya melakukan hubungan seksual pada waktu yang tepat. Waktu yang tepat untuk berhubungan seksual agar cepat mendapatkan keturunan adalah saat terjadinya ovulasi (masa subur). Ovulasi adalah suatu peristiwa dimana sel telur keluar dari ovarium dan siap untuk dibuahi oleh sperma. Waktu terjadinya ovulasi dapat diperkirakan sekitar 2 minggu sebelum terjadinya menstruasi berikutnya jika haid istri Anda teratur. Setelah dikeluarkan, sel telur dapat bertahan hidup selama 24 jam, sementara sperma yang telah dikeluarkan dapat bertahan hidup 48-72 jam, karena itu dianjurkan Anda melakukan hubungan seksual 2 hari sebelum hingga 2 hari sesudah waktu perkiraan ovulasi. Jika haid istri Anda tidak teratur, untuk menghitung masa subur pada wanita dengan siklus haid tidak teratur harus dilihat dari 6 siklus haid. Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan. Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

Rumusnya:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Karena itu untuk memperbesar kemungkinan terjadi pembuahan, kami sarankan untuk berhubungan intim teratur, 3-4x/minggu, terutama pada saat terjadinya ovulasi. Pada sebagian besar pasangan, kehamilan dapat terjadi dalam 1 tahun pertama setelah menikah.

Selain itu, perlu anda ketahui bahwa testpack memang alat untuk mendeteksi adanya kehamilan, namun hasil positif atau negatif tidak memastikan bahwa anda hamil atau tidak hamil karena hasilnya dipengaruhi oleh hormon beta HCG yang dapat dipengaruhi beberapa faktor lain seperti hamil anggur. 

untuk memastikan kehamilan kami juga menyarankan Anda dan pasangan untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan guna dilakukan wawancara medis, pemeriksaan fisis, dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan untuk memastikan adanya denyut jantung sebagai tanda pasti adanya kehamilan dan menentukan penanganan yang paling sesuai bagi Anda dan pasangan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Program Hamil, semoga bermanfaat. Anda juga bisa membaca informasi lebih lanjut dalam tautan di bawah ini:

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3545710/test-pack-negatif-apa-masih-mungkin-hamil

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3623499/6-kiat-agar-sukses-melakukan-promil

 

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar kesehatan, silakan kirimkan pertanyaan Anda melalui fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar