Sukses

buang air besar berdarah
22 Apr 2019, 13:36 WIB
Wanita, 28 tahun.

Malem dok, pagi ini saya buang air besar disertai darah menetes tidak ada rasa sakit. Setelah itu sorenya saya batuk sampai muntah. apakah ad hubungannya ya dok muntah dgn bab yg berdarah tdi.? Terimksih

Terima kasih atas pertanyaan mengenai Buang Air Besar Berdarah melalui fitur Tanya Dokter.

Buang air besar yang mengeluarkan darah bisa terjadi karena berbagai penyebab tergantung dari warna, konsistensi dan keluhan penyerta lain.

Berikut adalah beberapa contoh penyebab buang air besar berdarah.

  • Wasir atau ambeien merupakan penyebab BAB berdarah yang paling sering ditemui. Wasir adalah pembengkakan dan peradangan akibat pelebaran pembuluh darah vena pada daerah anus.Kondisi ini ditandai dengan adanya benjolan di anus yang terasa nyeri dan munculnya bercak darah segar saat buang air besar. Penyebab terjadinya wasir biasanya karena kebiasaan sembelit, duduk terlalu lama dan kebiasaan sering mengejan.

  • Ulkus lambung adalah perlukaan pada lapisan dinding lambung. Keadaan ini disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya kebiasaan merokok, stres psikologis, dan infeksi bakteri Helicobacter pylori.Penderita ulkus lambung umumnya akan mengalami gejala berdasarkan tingkat keparahan dari perlukaan yang terjadi. Beberapa gejala yang identik, misalnya nyeri ulu hati disertai dengan mual dan muntah, rasa terbakar, dan BAB berwarna merah gelap hingga hitam menyerupai aspal.

  • Infeksi saluran pencernaan tidak hanya menimbulkan gejala seperti mual dan muntah saja, melainkan perubahan BAB juga. Misalnya saja pada disentri yang merupakan peradangan usus akibat infeksi bakteri shigella maupun amuba. Gejala dari disentri itu sendiri meliputi diare yang disertai dengan darah atau lendir, demam, nyeri perut, serta mual dan muntah.

  • Polip usus adalah pertumbuhan jaringan dari dinding usus yang menonjol ke dalam lumen usus. Terdapat dua jenis polip usus, yaitu bertangkai dan tak bertangkai. Pada umumnya, seseorang yang memiliki polip usus tidak memiliki gejala yang khas. Namun pada beberapa kondisi, penderita dapat mengalami BAB disertai dengan darah. Polip usus itu sendiri dapat berbentuk jinak maupun ganas dan berpotensi menjadi kanker usus.
  • Kanker usus merupakan jenis penyakit yang banyak terjadi dan menyebabkan kematian. Faktor risiko terjadinya kanker usus adalah kurangnya konsumsi serat dan tingginya konsumsi daging merah. Beberapa gejala kanker usus yang perlu diwaspadai adalah BAB berdarah disertai dengan nyeri perut yang berlangsung lama, penurunan berat badan tanpa sebab, terjadi perubahan konsistensi feses menjadi kecil-kecil seperti kotoran kambing, dan mengalami sembelit atau konstipasi.

Jika dari keterangan anda, kami belum bisa memastikan adakah hubungan atau tidak antara BAB berdarah dan batuk serta muntah yang anda alami. Karena harus dipastikan dengan anamnesis mendalam dan pemeriksaan fisik secara langsung. Ada baiknya jika anda melakukan konsultasi dengan dokter secara langsung agar mendapatkan terapi yang tepat.

Berikut ini artikel yang bisa menjadi referensi lain anda.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

 

0 Komentar

Belum ada komentar