Sukses

Tanda dan Gejala Depresi
22 Apr 2019, 13:32 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, sudah 4 hari saya lemas, mual, dan sulit makan. Gejalanya muncul parah setiap pagi dan jika saya melamun. Gejalanya muncul pertama kali 4 hari lalu ketika saya memikirkan sesuatu yang bisa mengubah hidup saya. Apakah ini termasuk stress atau depresi? Solusinya bagaimana? Terima kasih dok

dr. Atika

Dijawab Oleh:

dr. Atika

Terima kasih telah bertanya seputar tanda dan gejala depresi menggunakan KlikDokter.com,

Kami memahami kekhawatiran Anda? Apakah terdapat peristiwa/ hal yang mengguncang perasaan Anda, atau membuat Anda stres? Apakah pada 4 hari yang lalu tersebut, Anda memikirkan hal yang membuat Anda sedih? Bila ya, mungkin saja Anda mengalami depresi. Namun, perhatikan dulu apakah memenuhi tanda-tanda dan gejala depresi berikut ini.

Depresi merupakan suatu kelainan suasana hati, yang menyebabkan perasaan sedih dan kehilangan minat secara terus-menerus. Kondisi ini dapat memengaruhi cara berpikir dan berperilaku, serta dapat memicu berbagai masalah fisik maupun psikis.

Depresi memiliki gejala seperti berikut:

·         Gangguan tidur

Selain kurangnya motivasi dan semangat hidup, orang yang depresi juga cenderung mengalami gangguan tidur. Kondisi ini bisa berupa susah tidur di malam hari, sering terbangun dan susah tidur lagi, ataupun sering mengalami mimpi buruk. Gangguan ini juga bisa terjadi sebaliknya, yakni penderita depresi dapat tidur sepanjang hari.

·         Kehilangan minat

Orang yang depresi dapat kehilangan minat melakukan aktivitas atau hobi yang sebelumnya sering dilakukan. Misalnya, jika kakek atau nenek Anda sebelumnya senang berkumpul dengan cucu atau sanak keluarga, kemudian tiba-tiba tidak mau bertemu atau malas pergi ke acara keluarga, hati-hati bisa jadi itu merupakan tanda atau gejala depresi.

·         Perubahan nafsu makan

Ada beberapa orang yang cenderung makan berlebih saat sedang depresi. Namun pada orang yang mengalami depresi berat, ia bisa jadi kehilangan nafsu makan dan tidak ingin makan sama sekali.

Jurnal terkini dari Obesity menyebutkan bahwa level stres yang tinggi dapat menurunkan nafsu makan dan berat badan. Namun tentu ini bukan cara yang baik untuk mendapatkan berat badan ideal.

·         Menampilkan sisi gelap

Orang yang depresi cenderung berpikir tentang bunuh diri, kematian, dan terus-menerus membicarakan hal tersebut. Selain itu, orang depresi juga cenderung mengambil tindakan-tindakan yang berbahaya.

·         Emosi yang tidak terkontrol

Dalam 1 menit Anda dapat marah-marah tanpa sebab. Lalu selang beberapa saat, Anda menangis tidak terkontrol. Gejala depresi memang bisa berupa kesedihan, frustrasi, kemarahan dan menyebabkan perubahan mood mendadak, sehingga sulit dipahami oleh orang lain.

·         Kehilangan harapan

Seseorang yang mengalami depresi cenderung kehilangan harapan, merasa hidupnya tak lagi berguna, merasa tidak ada lagi yang menyayanginya, membenci diri sendiri, atau kerap menyalahkan diri sendiri.

Bila Anda mengalami gejala-gejala di atas, bisa jadi Anda sudah membutuhkan bantuan dari dokter spesialis kejiwaan atau dokter psikiatri. Jangan ragu untuk meminta bantuan pada ahlinya karena gejala tersebut tidak boleh dibiarkan berlarut-larut.

Demikianlah informasi yang dapat kami berikan seputar tanda dan gejala depresi, semoga bermanfaat.

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar