Sukses

nyeri pada telinga

22 Apr 2019, 12:39 WIB
Pria, 21 tahun.

Dok mau tanya, kalau telinga berasa semacam ada urat yang ketarik dan dia terasanya tu selang 1-2 menit. cara meghentikannya gimana ya Dok ? makasih

Terima kasih telah bertanya seputar nyeri pada telinga.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Nyeri telinga dapat menggambarkan adanya gangguan pada telinga luar, telinga tengah, atau telinga dalam. Hal ini tergantung pada beberapa hal seperti, adakah kemerahan atau bengkak dari telinga dalam atau bagian luar, adanya keluhan lain seperti gangguan pendengaran, pusing berputar dan demam.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab yang mungkin menjadi penyebab dari nyeri telinga anda.

  • Infeksi pada telinga biasanya terjadi pada telinga tengah. Infeksi telinga tengah terjadi ketika tuba Eustachius tersumbat atau bengkak, sehingga menyebabkan penumpukan cairan pada telinga bagian tengah. Penyumbatan ini bisa disebabkan oleh flu, alergi, merokok, infeksi sinus, atau produksi lendir berlebihan. Gejala infeksi telinga antara lain adalah berkurangnya pendengaran, nyeri dari dalam telinga, dan keluar cairan dari telinga menyerupai nanah. Walau infeksi ringan pada telinga dapat sembuh dengan sendirinya
  • Tinnitus adalah kondisi di mana seseorang secara subjektif mendengar suara mendenging di dalam telinga yang bukan berasal dari luar tubuh. Gangguan ini sering muncul saat terjadi sakit telinga akibat infeksi telinga tengah atau dalam, namun penyebab pasti tinnitus masih belum diketahui dengan jelas.
  • Penanganan kondisi ini umumnya dilakukan dengan mendiagnosis penyebab di balik tinnitus. Setelah kondisi penyerta diketahui, penanganan akan disesuaikan dengan kondisi penyerta tersebut.
  • Penyakit Meniere, disebabkan oleh ketidaknormalan cairan di telinga yang menyebabkan vertigo secara tiba-tiba. Pusing berputar yang datang tiba-tiba dan tinnitus adalah dua gejala utama penyakit Meniere. Penyakit ini lebih sering terjadi pada orang yang berusia 20-50 tahun, dan ditangani dengan obat-obatan untuk menangani vertigo, suntikan pada telinga bagian tengah, atau operasi.
  • Barotrauma telinga adalah cedera telinga akibat perubahan tekanan udara atau air saat seseorang mendaki gunung, bepergian dengan pesawat, atau menyelam di kedalaman tertentu. Gejala utama barotrauma telinga adalah hilangnya pendengaran, telinga terasa buntu, nyeri telinga dan nyeri kepala.

Pada keluhan yang anda alami, perlu diketahui lebih dalam mengenai spesifikasi nyeri, keluhan penyertai lain, serta penyebab yang melatarbelakangi. Untuk itu anda perlu berkonsultasi dengan dokter spesialis THT agar mendapat penanganan yang tepat.

Berikut saya lampirkan artikel lain yang bisa dijadikan referensi.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar