Sukses

Demam 3 hari

22 Apr 2019, 10:59 WIB
Wanita, 19 tahun.

Mulai hari rabu badan saya panas sudah 3 hari sama muntah-muntah dok, saya periksa kedokter disuruh cek darah takutnya kena DB hasil tesnya bagus dan cuma dikasih obat penurun panas,muntah,sama antibiotik tapi sudah 3 hari tetap aja badan saya panas cuma kalau minum obat panas turun tapi kalau reaksi obatnya habis badan saya panas lagi. apakah saya harus periksa lagi dok? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar demam yang lebih dari 3 hari melalui fitur Tanya Dokter.

Pada orang dewasa, dikatakan demam jika terjadi peningkatan suhu di atas 38 oC (diukur melalui mulut), atau di atas 38,3 oC (diukur melalui anus maupun telinga). Sedangkan pada anak dan balita, jika suhu mencapai > 38 oC pada pengukuran melalui anus.

Demam yang berlangsung lebih 3 hari sebaiknya dilakukan pengecekan darah secara rutin ataupun urin jika memang diperlukan. Untuk kasus penyakit seperti yang anda alami, saya sarankan untuk melakukan cek darah ulang jika demam sudah berlangsung lebih dari 3-5 hari untuk mengetahui perkembangannya penyakit anda. Untuk penggunaan antibiotik saya sarankan dikonsumsi hingga tuntas untuk menghindari resistensi obat.

Berikut beberapa jenis penyakit yang bisa diketahui melalui gejala demam.

  •  Demam berdarah, merupakan infeksi yang disebabkan virus dengue. Gejala demam berdarah berupa  demam yang mendadak tinggi mencapai 39 oC dan berlangsung 2-7 hari. Selain demam, juga dapat disertai adanya nyeri otot serta tulang, menggigil, lemas, nyeri kepala, nyeri di belakang mata, ruam kemerahan di kulit dan mual muntah.
  • Demam tifoid, ini terjadi akibat infeksi Salmonella typhi dan berkaitan dengan kebersihan lingkungan dan sanitasi yang buruk atau gemar jajan sembarangan. Umumnya demam tifoid berlangsung hingga lebih dari 7 hari. Suhu perlahan meningkat setiap hari, tidak seperti demam berdarah yang mendadak tinggi. Keluhan demam dapat disertai gangguan sistem pencernaan seperti mual, muntah, kembung, diare atau konstipasi. Selain itu penderita juga mengalami nyeri kepala, nyeri otot dan lemas.
  • Malaria adalah penyakit yang disebabkan parasit Plasmodium. Malaria ditularkan melalui gigitan nyamuk yang terinfeksi parasit plasmodium dan biasanya terjadi didaerah pedalaman yang masih banyak hutan. Demam muncul sekitar 1 minggu setelah terinfeksi. Gejala yang ditimbulkan dikenal sebagai trias malaria yang terdiri dari demam, menggigil dan berkeringat.
  • Hepatitis adalah penyakit infeksi pada hati yang disebabkan oleh virus hepatitis. Terdapat berbagai jenis virus hepatitis, yaitu hepatitis A, B, C, D, dan E. Namun paling sering menyerang manusia adalan hepatitis A, B, dan C. Tanda dan gejalanya adalah demam, nyeri perut kanan atas, mual muntah, nafsu makan menurun, lemas, mudah lelah, nyeri sendi, kuning pada kulit dan sklera mata, serta urine berwarna gelap.

Berikut beberapa artikel yang bisa anda jadikan referensi lain.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar