Sukses

Terpapar air terus-menerus, apakah terkena kutu air?

21 Apr 2019, 17:11 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok saya sudah menderita penyakit kutu air bertahun tahun dari saya remaja sampek usia 20 sekarang, diakibatkan kalau cuci piring, cuci pakaian saya di lantai, jadi tidak lepas dari air.. Namun semakin lama kutu air saya kenapa semakin akut dok? Padahal sudah saya obati dengan salep 88 dan daun tradisional (kalau kata orang jaman dulu) . Yang saya tanyakan mohon penjelasan apa penyebab kutu air, mengapa bisa bertambah parah seperti ini dan obat apa yang digunakan untuk kutu air akut? Soalnya ini bukan lagi kutu air biasa dok, hampir bawah kaki saya kutu air, dan itu terjadi bertahun tahun. Mohon penjelasannya

Terima kasih telah bertanya seputar terpapar air terus-menerus, apakah terkena kutu air menggunakan fitur Tanya Dokter.

Mungkin maksud anda kondisinya sudah kronis, dalam artian berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun? Jika bersifat akut artinya baru berlangsung beberapa lama.

Kutu air atau Tinea pedis merupakan infeksi jamur yang menyerang area antara jari-jari kaki. Umumnya, kaki yang diserang adalah kaki yang sering lembap akibat keringat berlebihan. Oleh karena itu, infeksi ini juga kerap disebut dengan kaki atlet atau athlete’s foot. Tinea pedis sangat mudah menyebar dari orang ke orang. Penyebarannya banyak terjadi diperantarai oleh handuk, pakaian atau lantai. 

1. Pada anda sendiri yang menjadi penyebab keparahan kondisi adalah tidak menggunakan alas kaki saat berada di tempat umum yang lembap, maupun untuk pekerjaan sehari-hari anda. 

2. Tinea pedis disebabkan oleh beberapa jenis jamur, seperti:

  • Trichophyton (T.) rubrum
  • T. interdigitale
  • Epidermophyton floccosum.

Tinea pedis sangat mudah menyebar dari orang ke orang melalui penggunaan handuk, pakaian, atau karpet secara bersama.

Pengobatan yang diberikan dapat berupa anti-jamur oles maupun minum. Bila anti-jamur oles tidak memberikan respons yang efektif, dokter umumnya akan memberikan anti-jamur minum. Pemberian steroid tambahan dapat diberikan pada tinea pedis dengan klinis yang berat.

Apakah anda yakin yang anda alami masih akibat kutu air? Jika sudah berbulan maupun bertahun-tahun, kami sarankan agar segera ke dokter kulit untuk dapat dipastikan sebab yang pasti dari apa yang anda alami, agar mendapatkan terapi yang tepat. Tentu sudah jelas bahwa obat yang anda sebutkan sudah tidak berguna kembali, diduga akibat sakit yang anda alami bukan dari kuti air semata, atau sudah mengalami infeksi lanjutan.

Terdapat beberapa kondisi yang juga dapat anda alami seperti dermatitis kontak iritan, yang dapat anda baca di bawah ini:

Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai terpapar air terus-menerus, apakah terkena kutu air. Semoga bermanfaat. Salam

0 Komentar

Belum ada komentar